Connect with us

Daerah

Api Sudah Mendekati Puncak Dolok Balige

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Balige – Pemadaman api yang telah membakar lahan masyarakat hutan Pinus yang terletak di Longat Tampahan Balige pada Rabu siang, sampaikini belum bisa dipadamkan.

Tim pemadam dari KPH-IV Balige dan KPH-XIII Dolok Sanggul akhirnya balik kanan pada pukul 03:00 wib subuh ke posko sementara di sekitar lokasi kebakaran.

Tenda yang dipasang tim BPBD menjadi posko para pemadam kebakaran dan tim medis dinas kesehatan Tobasa.

Semua yang terlibat dalam pemadaman api bekerja terus menerus memadamkan api. Api yang bergerak cepat menjalar ke tempat lain membuat para pemadam kewalahan.

Kepala KPH IV Balige Leo Sitorus dan Kepala KPH XIII Bernard Purba mengakui jika semua anggota mereka sudah kelelahan memadamkan api.

Mereka memutuskan untuk istirahat sejenak.

“Kita putuskan semua tim istirahat karena banyak anggota kita kelelahan dan ada juga yang terluka. Kita tidak mau ambil resiko apapun terhadap anggota kita. Besok pagi kita akan lanjutkan pemadaman” kata Leo.

Damkar Pemkab Tobasa juga terlihat kehabisan tenaga. Hampir semua kekuatan dikerahkan. Namun apa daya, besarnya api yang sudah meluas hingga ke permukiman warga membuat para tim dipaksa untuk memadamkan api.

Sampai Kamis pagi ini (26/7/18) api masih terlihat menyala mengarah ke puncak Dolok Tolong. (yl)