Connect with us

Olahraga

Taklukan Gunung Tertinggi Ke 2 di Dunia, Pria Ini Gunakan Papan Ski

Published

on

Islamabad, Geosiar.com –  Andrzej Bargiel, pria berusia 30 tahun berasal dari Polandia ini mampu mentaklukan Gunung terekstream dan tertinggi kedua di dunia, Gunung K2 di Pakistan.

Gunung K2 terletak di perbatasan Pakistan dan China. Berada dalam wilayah Karakoram, gunung ini tergabung dalam pegunungan yang membentang dari India, Pakistan, China dan merupakan tempatnya pegunungan tertinggi di dunia.

Gunung ini memiliki tinggi 8.611 m (28.251 ft), diketahui, lebih tinggi dari Gunung everest dan memiliki suhu yang tidak bersahabat yang bisa mengancam nyawa para pendaki.

Dibandingkan dengan Everest yang sudah didaki dan mencapai puncak di angka lebih dari 4.000 orang, berbanding terbalik dengan K2. Tak kurang dari 350 orang yang bisa berdiri di puncak K2 sejak tahun 1954.

Dari data, sudah banyak yang mati dalam pendakian K2. Gunung itu telah menewaskan 77 jiwa, tingkat kematian tertinggi kedua di antara gunung-gunung dengan ketinggian lebih dari 8.000 mdpl.

Sepertinya, Hal tersebut tidak berlaku bagi Bargiel. Pria ini mampu menunjukkan aksinya bermain ski turun dari puncak Gunung K2 di Pakistan.

Dikutip dari CNN Sports, Rabu (25/7/2018), inilah pendaki pertama yang mampu menuruni puncak Gunung K2 menggunakan papan ski.

Dalam hitungan waktu tujuh jam, Bargiel mampu menuruni puncak Gunung K2 dengan papan ski-nya. Aksinya gila dan nekatnya tersebut dilakukan pada hari minggu lalu.

Bagi para pendaki, aksi yang dia lakukan tergolong cepat. Bargiel mampu menggapai puncak K2 setelah tiga setengah hari tanpa bantuan oksigen tambahan.

Ia juga mengaku aksinya tersebut merupakan prestasi tersendiri bagi dirinya.

“Saya telah berhasil naik turun dari puncak K2, langsung ke base camp. Menuruni gunung ini sangat teknis. Jadi saya sangat senang dengan hasil baik karena saya di sini sudah kedua kalinya dan tidak harus kembali lagi,” kata Bargiel.

Tahun lalu, Ia sudah pernah berusaha hal yang sama di puncak K2 namun terpaksa membatalkan upayanya itu karena suhu sangat ekstrem dan cuaca buruk.

Tetapi tidak hal kemarin, ia beruntung karena cuaca sangat bersahabat sehingga ia berhasil meluncur dari puncak K2 sampai ke base camp.

Sebelumnya, Bargiel dikenal karena telah menyabet penghargaan ‘Snow Leopard. Sebuah gelar bergengsi yang diberikan kepada pendaki gunung yang berhasil mencapai semua puncak di kawasan bekas Uni Soviet, ketinggiannya di atas 7.000 mdpl. (Ut)