Connect with us

Dunia

Ratusan Ribu Warga Rohingya Siap Dipulangkan

Published

on

Warga Rohingya.

Geosiar.com, Washington DC – Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) meminta Myanmar agar meningkatkan upaya bagi pengungsi Rohingya agar mereka bisa kembali dengan aman dan sukarela.

Sekitar 15 anggota DK PBB menyerukan bantuan pembangunan sosial dan ekonomi serta memfasilitasi kembalinya pengungsi Rohingya dan orang-orang terlantar lainnya ke rumah mereka di negara bagian Rakhine dalam sebuah pertemuan tertutup.

“Para anggota Dewan Keamanan terus menekankan pentingnya melakukan penyelidikan yang independen dan transparan atas tuduhan pelanggaran hak asasi manusia dan kekerasan,” demikian pernyataan DK PBB, seperti mengutip dari Channel News Asia.

Christine Schraner Burgener mengatakan, pemerintah mendukung pengembalian ke Rakhine bagi ratusan ribu orang Rohingya yang melarikan diri.

Dia melanjutkan otoritas pemerintah secara terbuka mengatakan ingin mereka kembali. Namun dia mencatat bahwa ketegangan tetap ada di Rakhine antara minoritas Muslim Rohingya dan mayoritas Buddha.

“Mereka (pemerintah Myanmar) ingin membawa para pengungsi kembali. Tapi mereka harus kembali dengan sukarela, aman, bermartabat dan berkelanjutan,” ujar Burgener.

Dia mengungkapkan bahwa pembicaraan dengan pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi juga berlangsung dengan konstruktif, sangat terbuka dan ramah. (yl)