Connect with us

Nasional

Pemkot Jakut Galakkan Baca Buku di Hari Anak Nasional

Published

on

Hari anak Nasional. (breakingnews.co.id)

Geosiar.com, Jakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov DKI Jakarta menggalakkan semangat membaca buku sejak dini pada anak, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN).

Wali Kota Jakarta Utara, Syamsuddin Lologau mengatakan pentingnya menggerakkan anak untuk membaca buku di tengah perkembangan teknologi dan informasi yang begitu mudah diakses melalui smartphone.

“Membaca buku merupakan bekal paling penting bagi anak untuk membuka jendela informasi selain di sekolah, untuk itu begitu penting membaca buku dan peran perpustakaan bagi anak-anak,” ucap Syamsuddin di Gedung Perpustakaan Jakarta Utara, Jalan Logistik, Kelurahan Tugu Selatan, Senin (23/7/2018).

Ia menyebutkan orangtua berperan mendorong anak agar rajin membaca buku pelajaran maupun pengetahuan umum di tengah gempuran game atau media sosial. “Sekarang ini agak ironi dan miris karena dari tua hingga muda gemar membaca, tapi membaca pesan di WhatsApp (sosmed), namun susah membaca buku. Jakarta sebagai ibu kota harus menjadi contoh untuk mulai menggiatkan gerakan membaca buku,” tambahnya.

Sedangkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta, Wahyu Haryadi menyebutkan semangat membaca, merupakan langkah pertama bagi anak untuk sukses di masa depan.

Wahyu menyebutkan pihaknya juga akan semakin memperlengkap pojok baca di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Selian itu, mulai tahun ini akan diadakan di Rumah Sakit serta pasar tradisional. Ia meminta agar Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Utara, Bambang Chaidir memastikan suksesnya gerakan membaca.

Dalam kegiatan yang direncanakan hingga 28 Juli itu akan diisi dengan berbagai lomba yang melibatkan anak-anak seperti lomba menggambar poster, membacakan cerita (dongeng), pidato, menggambar, mewarnai, dan Puisi. (yl)