Connect with us

Kesehatan

Simpan Ponsel di Bawah Bantal Saat Tidur dapat Tingkatkan Risiko Tumor Otak

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Kesehatan – Kehadiran ponsel atau telepon genggam sebagai alat komunikasi telah terbukti memudahkan kita menjalani kehidupan sehari-hari. Tapi tahukah Anda? di balik segala kemudahan tersebut, ponsel membawa dampak bagi kesehatan kita, salah satunya memicu risiko tumor otak.

Penyebabnya, sebagian besar karena radiasi medan elektromagnetik dari ponsel.

Melansir dari laman Boldsky, The All India Institute of MedicalSciences (AIIMS), Delhi, dalam laporannya tahun lalu, menyebut, terjadi peningkatan kasus tumor otak pada orang-orang yang menggunakan ponsel selama lebih dari 45 menit, selama sepuluh periode terakhir, mengalami kenaikan sebanyak 33 persen sebagai akibat dari paparan radiasi ponsel.

Peningkatan besar dalam jumlah kasus tumor otak juga terjadi ketika orang terus menyimpan ponselnya di bawah bantal ketika tidur.

Walaupun risiko terkena tumor otak dapat dialami oleh siapa saja, tetapi beberapa orang memiliki risiko lebih tinggi. Khususnya wanita hamil. Selain itu, efek radiasi ponsel dapat memengaruhi kualitas sperma pada pria.

Radiasi ponsel tidak hanya berdampak pada orang dewasa, tapi berdampak juga pada aktivitas otak anak-anak.

Paparan radiasi dari ponsel bisa menyebabkan sel-sel otak pada anak-anak mudah rusak. Karena radiasi ponsel jugalah tubuh si Kecil tidak sepenuhnya berkembang dengan baik.

Saat anak-anak mulai menggunakan ponsel pada usia dini, mereka memiliki tingkat penggunaan ponsel seumur hidup. Oleh sebab itu, penggunaan ponsel selama beberapa dekade tersebut berisiko terhadap kesehatan mereka. (yl)