Connect with us

Teknologi

Rilis Fitur Deteksi ‘Pesan Berbahaya’, WhatsApp Anjurkan Versi 2.18.221, Ini Caranya

Published

on

WhatsApp Resmi Bisa Deteksi Pesan Berbahaya, Begini Caranya

Geosiar.com, Teknologi – Fitur baru pun dirilis kembali oleh pihak WhatsApp. Kali ini WhatsApp merilis pendeteksi pesan berbaya, Suspicious Link Detection.

Pekan lalu aplikasi milik Facebook itu baru menguji fitur itu dalam bentuk beta pada versi aplikasi WhatsApp untuk Android versi 2.18.204. Statement tersebut diketahui dari Laman pembocor informasi valid dan fitur WhatsApp, WABetaInfo, Sabtu (21/7/18).

WhatsApp meningkatkan fitur ini dan akhirnya per 20 Juli 2018, fitur deteksi pesan berbahaya tersebut tersedia untuk semua pengguna Android secara global.

Menurut WABetaInfo, untuk menikmati fitur Suspicious Link Detection, pengguna perlu memperbaharui aplikasi WhatsApp Android pada versi 2.18.221. Nantinya pengguna akan mendapatkan notifikasi aktivasi fitur tersebut.

Untuk menjajal fitur deteksi pesan berbahaya, WABetaInfo menyarankan agar pengguna meminta kontak pengguna lainnya entah itu menggunakan ponsel Android, iOS atau WIndows Phone untuk mengirimkan pesan yang berbahaya. Nantinya begitu pesan dikirimkan akan muncul pemberitahuan dalam label merah bahwa pesan tersebut mengandung tautan yang berbahaya.

Fitur pendeteksi pesan berbahaya ini akan melabeli sebuah pesan dengan label merah jika memang isi dari pesan tersebut berbahaya. Nantinya terdapat penanda atau semacam watermark, pesan tersebut berbahaya bila dibuka.

Jika sudah memperbaharui aplikasi WhatsApp di Android, namun fitur tersebut belum muncul, pengguna disarankan untuk mem-backup riwayat percakapan dan menginstal kembali WhastApp. (Ut)