Connect with us

Hiburan

Ini Dia Si Panda Merah ‘Master Shifu’ Dunia Nyata

Published

on

Berkenalan dengan Panda Merah, Hewan Unik dari Benua Asia

Jakarta, Geosiar.com – Salah satu karakter dalam film Kungfu Panda, Master Shifu, ada di dunia nyata.

Hewan dengan karakter mungil, lucu, memiliki warna bulu ombre, membuat hewan ini terlihat menggemaskan.

Hewan berbulu merah kecokelatan dan berkaki hitam ini merupakan mamalia dari Tiongkok dan Himalaya. Meski namanya panda, namun ukuran tubuhnya hanya sedikit lebih besar dari kucing.

Menggemaskan bukan?

Jadi, sekilas lebih mirip dengan rakun daripada panda. Panda merah atau dikenal juga dengan sebutan rubah api karena perawakannya mirip rubah dengan bulu yang merah lebat seperti api menyala.

Hewan lucu ini pun meski masih satu famili dengan beruang dan masuk dalam genus karnivora tetapi dalam kehidupan sehari-hari panda merah lebih banyak memakan tumbuhan dan buah-buahan ketimbang daging di alamnya.

Wajahnya yang lucu, membuat yang melihatnya ingin memiliki hewan ini

Panda merah memiliki ciri khas muka yang bulat, berwarna putih dengan garis merah kecoklatan dari mata ke mulutnya. Hewan menggemaskan ini memiliki waktu beraktivitas yang unik. Mereka aktif di waktu pagi dan senja, sedangkan di siang hari panda merah tidur dan beristirahat di dahan pohon.

Selain itu, bayi panda merah terlahir dalam keadaan buta dan baru dapat melihat di usia tiga minggu. Daerah persebarannya di Asia Tengah, spesies ini juga ditemukan di hutan pegunungan himalaya, Bhutan, India, Laos, Myanmar, dan Nepal.

Panda Merah, Hewan Unik dari Benua Asia

Di alamnya mereka lebih berhubungan dekat dengan rakun dan musang, ketimbang giant panda.Meski punya wajah yang menggemaskan, tetapi panda merah ini adalah hewan yang pemalu.

Sifat yang penyendiri dan tertutup ini membuat panda merah sulit berkembang biak, ditambah lagi dengan perburuan liar yang membuat populasi panda merah semakin langka. (Ut)