Connect with us

Kesehatan

Ini Bahaya Tidak Gunakan Sunscreen Saat Beraktivitas

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Kesehatan – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang terawat dan terlihat cerah serta awet muda. Mulai dari memerhatikan asupan gizi, menghindari berbagai faktor penyebab kulit, hingga memilih produk skincare yang tepat untuk wajah. Nah, salah satu produk skincare yang nggak boleh dilewatkan adalah sunscreen.

Sinar Ultraviolet (UV) adalah sinar tidak tampak yang merupakan bagian energi yang berasal dari matahari. Sinar UV dapat membakar mata, rambut, dan kulit jika bagian tubuh tidak dilindungi, atau jika kamu terlalu banyak terkena sinar matahari. Bahaya dari sinar UV yang sering kita dengar salah satunya adalah rentan terkena kanker kulit. Seram kan?

Lalu akibat apalagi ya, yang dapat ditimbulkan jika tidak menggunakan sunscreen?1. Kulit Kasar

Sinar matahari menembus dan merusak sel-sel kolagen yang terdapat pada kulit. Hal ini yang menyebabkan kulit menjadi kasar dan kering. Sinar matahari juga menyerap kelembapan kulit dan mengakibatkan kulit kehilangan kelembutannya. Ketika kolagen rusak, butuh waktu berbulan-bulan hingga bertahun dapat mengembalikan seperti semula.

2. Kerutan
Hal ini merupakan salah satu efek paparan sinar matahari yang sering terjadi pada kulit kita. Ketika kolagen rusak, kulit kehilangan kelembapan dan kelembutannya, sehingga timbul kerutan pada kulit. Yang lebih mengejutkan lagi adalah 75 hingga 80 persen penuaan dini pada kulit disebabkan karena efek dari sinar matahari.

3. Flek Hitam

Ketika kulit terkena paparan sinar matahari, sel-sel melanosit memproduksi melanin, yaitu pigmen yang menghasilkan flek pada kulit, dan jika tidak diatasi dengan cepat dapat menyebabkan kulit menjadi terbakar dan menimbulkan flek hitam.

4. Kulit Terbakar

Berada terlalu lama dibawah sinar matahari dapat menyebabkan kulit menjadi merah atau terbakar. Ini terjadi karena sinar UV membakar sel-sel kulit baru yang berada pada lapisan terluar kulit.

5. Komedo

Selain karena pengaruh produk makeup yang tidak sesuai di wajah, paparan sinar matahari yang berlebih juga dapat menimbulkan komedo. Hidung dan dahi adalah area yang rentan dengan munculnya komedo. Selain memaksimalkan perlindungan kulit dengan menggunakan sunscreen, ada baiknya melindungi area kepala dengan menggunakan topi juga.

Jadi, mulai sekarang yuk selalu gunakan sunscreen!