Connect with us

Dunia

Naikkan Tingkat Usia Pensiunan Negara, Masyarakat Kecam RUU

Published

on

Parlemen Rusia Setuju Rencana Menaikkan Usia Pensiun Negara

Moskwa, Geosiar.com  – Pemerintah Rusia berencana untuk menaikkan tingkat usia pensiun Negara. Hal ini pun didukung dan disetujui oleh anggota parlemen.

Rancangan Undang-Undang yang diajukan pemerintah, Usia pensiunan bagi warga Negara yang mengadi kepada Negara, dinaikkan menjadi 65 Tahun bagi pria dan 63 Tahun untuk wanita.

Jika RUU tersebut disahkan oleh pemerintah, maka Undang-Undang ini baru akan diterapkan di Tahun 2028.

Hal yang baru muncul dalam pengambilan suara untuk membentuk RUU ini. Biasanya anggota parlemen oposisi, seperti dari Partai Demokratik Liberal maupun Komunis, akan menolak rancangan undang-undang tersebut.

Namun dalam pembacaan pertama dalam sidang majelis rendah Rusia atau Duma State, sebanyak 328 anggota mendukung rancangan undang-undang tersebut, sementara 104 menentang. Rencana perubahan usia pensiun negara ini akan menjadi yang pertama dalam sejarah Rusia sejak 90 tahun lalu.

Saat ini, usia pensiun negara di Rusia masih sama dengan masa Uni Soviet, yakni 55 tahun untuk wanita dan 60 tahun untuk pria. Adanya rencana kenaikan usia pensiun oleh negara ini pun memicu kecaman dari masyarakat Rusia.

Salah satu faktor penolakan kenaikkan usia ini dikarenakan rendahnya angka harapan hidup warga Rusia yang banyak tidak mencapai usia pensiun yang baru. Hal tersebut menyebabkan banyak pegawai pemerintahan Rusia yang mungkin tidak akan dapat menikmati pensiun mereka.

Kritikan juga turut disampaikan pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny, yang bahkan telah menggerakkan kepada warga untuk turun ke jalan menolak rencana pemerintah ini. Navalny juga menyebut anggota parlemen yang mendukung usulan kenaikan usia pensiun tersebut sebagai musuh rakyat.

“Duma telah mengesahkan rancangan undang-undang yang menurut puluhan juta warga Rusia akan melucuti beberapa ratus ribu rubel milik warga,” kata Navalny dalam twitnya.

Dunia Angka harapan hidup warga Rusia termasuk rendah untuk negara maju, yakni sekitar 65 tahun untuk pria dan 76 tahun untuk wanita.

Selain itu, pensiun di Rusia sedikit dan banyak pensiunan yang harus tetap bekerja untuk dapat bertahan hidup atau harus bergantung pada bantuan keuangan dari anak-anak dan kerabat mereka. (Ut)