Connect with us

Hukum

Godok RUU Sumber Daya Air, Ada Enam Materi Muatan

Published

on

Enam Materi Muatan dalam RUU Sumber Daya Air

Jakarta, Geosiar.com — Wakil Ketua Komisi V DPR, Yosef Umar Hadi mengatakan draf RUU telah disusun yang memuat 15 bab dengan 78 pasal. Penyusunan materi RUU ini sudah dilakukan secara matang melalui berbagai rangkaian kegiatan. Mulai rumusan awal, proses harmonisasi, hingga menggelar focus group discussion di banyak daerah.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu melanjutkan RUU SDA tersebut terdapat enam garis besar arah pengelolaan dan ruang lingkup yang mengacu pada putusan MK No. 85/PUU-XI/2013 yang mengamanatkan kehadiran negara dalam pengelolaan sumber daya air demi kemakmuran rakyat.

Pertama, setiap pengusahaan air tidak boleh mengganggu dan meniadakan hak rakyat.

Kedua, negara harus memenuhi hak rakyat atas air sebagai salah satu hak asasi manusia.

Ketiga, pengelolaan air harus memperhatikan kelestarian lingkungan hidup.

Keempat, air merupakan salah satu cabang produksi yang menguasai hajat hidup orang banyak. Karena itu, merujuk Pasal 33 ayat (2) UUD 1945, pengawasan dan pengendaliain air dilakukan dan menjadi wewenang mutlak negara.

Kelima, prioritas utama di dalam penguasaan atas air diberikan kepada BUMN atau BUMD.

Keenam, apabila semua batasan tersebut telah terpenuhi, dan ternyata masih terdapat ketersediaan air, pemerintah masih dimungkinkan untuk memberikan izin kepada swasta untuk melakukan pengusahaan atas air dengan syarat-syarat tertentu dan dilakukan dengan ketat. (Ut)