Connect with us

Kesehatan

Ini Sumber Karbohidrat Selain Nasi Putih yang Rendah Kalori

Published

on

Kembang kol.

Geosiar.com, Kesehatan – Mempunyai bentuk tubuh yang ideal tentu menjadi idaman semua orang. Selain anda akan lebih leluasa bergerak, anda juga akan mudah menarik perhatian lawan jenis anda. Oleh sebab itu banyak orang berusaha untuk melakukan diet. Salah satu diet yang paling sederhana dan populer adalah dengan melakukan calories cut.

Anjuran paling sering adalah mengganti nasi putih dengan nasi merah atau nasi yang berasal dari beras cokelat. Sekarang, di tengah majunya industri makanan menyediakan ragam kuliner yang menawarkan beragam nutrisi kesehatan yang bisa membuat orang bingung untuk memilihnya, muncul pilihan baru dengan harga yang mungkin saja jauh lebih murah dari nasi putih.

Dalam sebuah diskusi di sela-sela Nutribound 2018 bersama Nutrifood di Bogor, Jawa Barat, Head of Health Committee Nutrifood, Moch Aldis Ruslialdi SKM CNWC, membahas satu sumber karbohidrat baru yang sedang menjamur di kalangan penduduk Amerika.

“Di Amerika bikin alternatif nasi yang tidak bikin gemuk, nasi yang berasal dari kembang kol,” kata Aldis.

Selama ini sumber karbohidrat yang familiar di telinga kita adalah nasi jagung atau quinoa rice. Sementara di Amerika, sudah berinovasi dengan kembang kol.

“Kalau kita bandingkan jumlah kalorinya akan berbeda-beda, antara nasi putih, nasi merah, dan nasi kembang kol ini,” katany.

Aldis menjelaskan, nasi putih memiliki kalori sebesar 204 kkal dan 89 persennya karbohidrat. Sedangkan semangkuk nasi kembang kol, kalorinya hanya 25 kkal dan 71 persennya karbohidrat, tetapi masih memiliki kandungan serat.

Dengan munculnya nasi yang terbuat dari bunga kol ini tentu bisa menjadi alternatif makanan diet yang enak dan harga yang lebih terjangkau. Karena siapa lagi yang akan peduli terhadap kesehatan anda selain anda sendiri. Untuk itu mulailah dari sekarang membangun tubuh anda yang lebih sehat. (yl)