Connect with us

Advertorial

Fatu Un Pantai Kolbano

Published

on

Pantai Kolbano Pulau Timor, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)

GeoSiar.com, NTT – Pantai Kolbano merupakan salah satu pantai terkenal di Pulau Timor yang teletak di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Laut tiga warna dan hamparan bebatuan warna warni kerap mengundang decak kagum para pengunjungnya, tak terkecuali anda.

Anda tentu akan memuja setiap keindahan ukiran alam karya Yang Maha Kuasa di pantai yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia ini.

Bagi anda yang mulai jenuh dengan keadaan lingkungan sekitar dan aktivitas monoton, tentu perlu merilekskan pikiran dan hati dengan menghirup udara segar pantai Timor ini.

Selain merasakan desiran ombak, menikmati sunrise dan sunset, anda bisa sekaligus merasakan kekuatan magis dari sebuah batu yang dikenal dengan nama Fatu Un. ‘Fatu’ artinya ‘Batu’ dan ‘Un’ artinya ‘Pohon’.

Secara kasat mata, Fatu Un terlihat sebagai sebuah batu karang besar biasa yang di atasnya ditumbuhi oleh pepohonan dan rerumputan ilalang.

Namun jika diamati lebih teliti, ternyata bongkahan batu hitam yang berada tepat di bibir pantai ini menyerupai kepala manusia dengan rambut jingkrak dan mulut yang sedikit ternganga.

Anda dapat terlihat seolah-olah berkomunikasi dengan si Batu Fatu Un jika diabadikan dengan angel yang tepat.

Bagi anda yang menyukai tantangan, tentu dapat mendaki hingga ke puncak Fatu Un dan menyapu bersih pandangan keseluruh sudut pantai yang tiada batas dari ketinggian.

Anda juga dapat duduk dan rebahan di atas ribuan bebatuan yang tersusun rapi sambil menikmati deburan ombak yang berlari mencapai garis pantai.

Bersantai di atas sampan kecil di sebelah Fatu Un juga menjadi pilihan untuk menguatkan sensai pantainya.

Untuk mendapatkan dokumentasi liburan yang lebih hidup, anda bisa menggunakan jasa anak-anak lokal yang cekatan dalam mengambil gambar di tempat yang anda sukai. Cukup serahkan handphone atau kamera anda pada mereka, maka dokumentasi liburan akan abadi dengan hasil yang memuaskan.

Nah, setelah puas berfoto, Anda bisa membayar seikhlasnya pada anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah untuk membantu biaya pendidikan mereka.

Pekerjaan sebagai fotografer cilik ini merupakan cara unik anak-anak pesisir pantai Kolbano dalam membantu meringankan beban orangtua tanpa mengeluarkan modal sedikitpun.

Wah, liburan anda tentu akan semakin menyenangkan dan bermanfaat jika bisa menikmati pemandangan pantai sekaligus bisa menolong orang lain.

Anda tertarik? Mari sisihkan waktu dan sisakan uang untuk menjadi penikmat Pantai Kolbano.

  • Bongkahan batu hitam Fatu Un yang berada tepat dibibir pantai ini menyerupai kepala manusia dengan rambut jingkrak

  • Anda dapat terlihat seolah-olah berkomunikasi dengan si Batu Fatu Un dengan memberinya makanan.

  • Bersantai di atas sampan kecil di sebelah Fatu Un juga menjadi pilihan untuk menambah sensai pantai Kolbano

  • Laut tiga warna dan hamparan bebatuan warna warni Pantai Kolbano yang kerap mengundang decak kagum para pengunjung

  • Pantai Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)