Connect with us

Nasional

Proses Divestasi Saham PTFI Harus Ditindaklanjuti Dua Sampai Tiga Kesepakatan

Published

on

Komposisi PT Freeport Indonesia

Jakarta, Geosiar.com — Proses divestasi saham PT Freeport Indonesia, tidaklah mudah. Diperlukan beberapa tahapan, sehingga heads of agreeement yang sudah dicapai patut disyukuri.

Kendati demikian, pencapaian proses divestasi saham PTFI dalam bentuk heads of agreeement (HoA), harus ditindaklanjuti hingga dua sampai tiga kesepakatan.

“Kesepakatan itu perlu saya sampaikan ya, ini proses panjang hampir tiga sampai empat tahun kita lakukan dan alot sekali. Kalau sudah bisa masuk ke HoA itu sebuah kemajuan yang amat sangat,” tutur Kepala Presiden Jokowi, Senin (16/7/2018).

Jokowi pun berharap, kemajuan yang telah didapatkan jangan malah ditanggapi dengan prasangka miring. Menurutnya, penandatanganan kesepakatan awal tersebut bukan terjadi dengan instan melainkan ditempuh melalui proses yang keras dan memakan waktu lama.

Sebelumnya, PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum dan Freeport-McMoRan Inc. telah menandatangani kesepakatan awal divestasi saham Freeport Indonesia. Inalum bakal mengambil alih hak partisipasi PT Rio Tinto sebanyak 40% dengan nilai US$3,5 miliar.

Inalum juga akan membeli 100% saham PT Indocopper Investama (anak usaha Freeport-McMoRan) senilai US$350 juta. Total nilai yang disepakati untuk transaksi divestasi saham PTFI hingga 51% mencapai US$3,85 miliar.