Connect with us

Nasional

Kemensos Bantu Rehabilitasi Korban Predator Anak di Cilegon

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Jakarta – Rehabilitasi korban predator anak akan dibantu oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Jika perlu, para korban akan dibawa ke Rumah Perlindungan Sosial Anak milik Kemensos di Jakarta.

Walau demikian, pihak Kemensos masih akan memantau perkembangan pendampingan terhadap para korban oleh pemerintah daerah. Kemensos tetap menerjunkan tim untuk membantu proses pendampingan.

“Namun pada prinsipnya kami akan menyerahkan pada pemerintah daerah bagaimana kemudian anal2 ini bisa terlindungi kemudiam bisa mendapatkan rehabilitasi dengan tuntas, kemudian anak-anak bisa kembali berfungsi sosial, bisa kembali bersekolah dan terutama kepada keluarga serta lingungan tetap konduaif. Artinya mereka tidak menfakami hambatan-hambatan,” kata Subdit Anak Yang Memerlukan Perlindungan Khusus, Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak, Kemensos RI, Agus Hasyim kepada wartawan, Senin (16/7/2018).

Agus menyampaikan pendampingan bukan saja ditujukan untuk para korban pencabulan yang dilakukan oleh AJ (35) terhadap 13 anak termasuk putri kandungnya sendiri. Tapi, upaya pendampingan harus dilakukan juga kepada keluarga korban dan pelaku.

“Karena biasanya dampak dari kejadian kekerasan terhadap anak atau kejahatan seksual terhadap anak ini bukan hanya dirasakan oleh korbannya tetapi orang tua dan lingkungan termasuk keluarga pelaku. Oleh karena itu kami harus memastikan semua pihak itu mendapatkan perlindungan,” ucapnya.

Kemensos secara keseluruhan sudah menyiapkan bantuan berupa SDM, sarana dan prasarana serta anggaran untuk pemulihan korban dan keluarga pelaku pencabulan.

“Kita pada prinsipnya siap baik sarana prasarana, SDM, program termasuk anggaran untuk bisa memberikan bantuan layanan dukungan pemulihan dan rehabilitasi bagi korban,” ucap dia. (yl)