Connect with us

Dunia

Hogweed, Tanaman Monster Membahayakan Lingkungan dan Manusia

Published

on

(detik.com)

Geosiar.com, AS -Giant Hogweed dijuluki tanaman ‘monster’ telah mengancam lingkungan hingga manusia.

Tanaman ini memiliki getah yang dapat membuat kulit manusia melepuh seperti luka bakar jika terkena ke kulit manusia. Bahkan tanaman ini juga dapat berujung kebutaan.

Tanaman ini terdapat di Amerika Serikat dan Inggris. Saat ini sudah  terjadi beberapa kasus orang-orang yang mengalami luka bakar yang cukup parah akibat terkena getah tanaman ini. kulit terkelupas seperti habis kena bakar.

Dilansir dari detik.com,  baru-baru ini Alex Childress,  remaja asal Spotsylvania, Amerika Serikat mendadak kena luka bakar yang cukup besar. Awalnya saat Alex sedang membersihkan tanaman di dekat Spotsylvania. Tak lama kemudian, Alex merasakan wajahnya seperti terbakar. Dia mengira itu terjadi karena sengatan matahari. Ternyata itu karena hogweed.

Giant Hogweed atau yang memiliki nama ilmiah Heracleum mantegazzianum ini dianggap sebagai gulma berbahaya di Amerika Serikat. Tanaman ini mampu bertumbuh hingga 14 meter tingginya.

Hogweed merupakan tanaman asli dari Kaukasus Asia seperti Armenia, Azerbaijan, Georgia dan Rusia. Awal mulanya, tanaman ini diperkenalkan ke AS sebagai tanaman hias yang lolos budidaya.

Jika  terkena getah dan terpapar sinar matahari dapat menghasilkan lepuh yang membakar dan meninggalkan bekas. Getah yang bersentuhan dengan mata juga dapat menyebabkan kebutaan sementara atau permanen.