Connect with us

Sumut

Hinca Pandjaitan XIII Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Batubara

Published

on

Anggota MPR/DPR RI DR Hinca IP Pandjaitan XIII SH MH ACCS saat menggelar sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kab Batubara, Sabtu (2/6/2018)

Batubara, Geosiar.com – Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat/Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (MPR/DPR RI ) DR Hinca IP Pandjaitan XIII SH MH ACCS menggelar sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kel Sei Suka Kec Sei Suka, Kab Batubara, Sumatera Utara, Sabtu (2/6/2018).

Melalui sosialisasi itu, yang dirangkai dengan acara rembug bersama kepala Desa, kepala dusun dan tokoh masyarakat yang dilanjutkan buka puasa bersama dengan ratusan masyarakat Sei Suka. Pada kesempatan itu, Hinca berpesan setiap menjalankan pembangunan harus tetap berpedoman kepada aturan yang berlaku. Sama halnya, para kepala desa ketika menggunakan pengelolaan Dana Desa harus berpedoman kepada ketentuan yang berlaku.

Pada kesempatan itu, Hinca Pandjaitan selaku anggota Komisi III DPR RI itu menekankan kepada peserta agar tetap menjungjung tinggi hukum yang berlaku. Sebagai mana juga yang diamanatkan dalam Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Sebelumnya, para kepala desa dihadapan Hinca Pandjaitan mengungkapkan sejumlah persoalan ketika menggunakan Dana Desa. “Banyak benturan dan kendala yang kami hadapi saat menggunakan dana Desa tersebut. Untuk itu kami perlu masukan dan solusi untuk menghindari pelanggaran hukum,” sebut Rahmit Manik salah seorang kepala desa.

Mendengar keluhan para kepala desa, Hinca Pandjaitan menyarankan agar benar benar menggunakan Dana Desa seperlunya. Tentu kepala Desa sudah tahu mana yang boleh dan tidak maka jangan sekalikali mencoba menggunakan dana tidak pada tempatnya.

Menyahuti aspirasi warga, Hinca pun meminta agar seluruh persoalan terlebih dahulu diidentifikasi. Sama halnya soal pelaksanaan dana desa supaya benar benar digunakan.

Keluhan lain juga disampaikan Syahrizal Purba, terkait masalah gangguan keamanan dan semakin maraknya peredaran narkoba hingga ke pelosok desa. Sama halnya dengan jarangnya patroli petuga Polisi dan minimnya pos polisi di Kec Sei Suka tentu membuat tindak kejahatan merajalela.

Untuk itu, Syahrizal berharap melalui peran Hinca Pandjaitan dapat memfasilitasi penambahan pembangunan pos jaga maupun kantor Polisi di Kab Batubara. (lamru).