Connect with us

Olahraga

Prediksi Inggris vs Kroasia di Semifinal : Tiga Singa vs Kuda Hitam Duel Seru

Published

on

Geosiar.com-Jakarta

Laga semifinal Piala Dunia 2018 antara Kroasia vs Inggris akan berlangsung di Stadion Luzhniki, Kamis (12/7) dini hari WIB. Berikut prediksi pertandingan Kroasia vs Inggris.

Kroasia melalui perjalanan berat ke semifinal setelah mengalahkan Denmark dan Rusia lewat adu penalti. Sementara Inggris mengalahkan Kolombia lewat adu penalti di babak 16 besar dan menang 2-0 atas Swedia di perempat final.

Inggris Melenggang ke Final Piala Dunia 2018 (Jun Mahares)

Timnas Inggris di bawah asuhan Gareth Southgate memang tak dihuni banyak pemain kelas dunia. Praktis mereka hanya memiliki Harry Kane yang masuk jajaran striker elite Eropa. Sisanya, hanya ada Dele Alli yang sempat diminati klub-klub Eropa. Keduanya adalah andalan Tottenham Hotspur, klub Liga Primer yang gagal bersaing di kompetisi lokal.

Sementara Kroasia punya sederet pemain top dunia. Luka Modric di Real Madrid, Ivan Rakitic bermain di Barcelona, sementra Mario Mandzukic dan Ivan Perisic masing-masing andalan di Juventus dan Inter Milan. Meski demikian, Inggris telah membuktikan sebagai tim solid. The Three Lions memilih untuk bermain kolektif dan tak lagi mendewakan filosofi kick and rush. Sementara Kroasia kali ini mengandalkan kecepatan dan kualitas individu. Saya prediksi Inggris menang 2-1 atas Kroasia.

Kroasia Bikin Inggris Meringis (Vetriciawizach)

Meski Ivan Rakitic dan Luka Modric tak dalam kondisi terbugar, Kroasia masih memiliki Marcelo Brozovic yang bisa kembali ke lini tengah setelah sempat dicadangkan melawan Rusia. Apalagi, menghadapi tiga gelandang terbaik Kroasia, Jordan Henderson juga masih dalam kondisi pemulihan karena cedera ringan.

Permainan sayap Kroasia juga bisa jadi keuntungan jika Gareth Southgate kembali menurunkan formasi 3-5-2, sehingga Ivan Perisic dan Ante Rebic lebih leluasa bergerak.

Jika Kroasia melakukan pekerjaan rumah mereka dan bisa mengantisipasi bola-bola mati Inggris, sementara Harry Kane yang sesungguhnya di Piala Dunia ini minim dapat suplai bola yang bagus, maka Kroasia bisa membuat kejutan dan melaju ke final. Kroasia 3-2 Inggris.

Bola Mati Hidupkan Peluang Inggris ke Final (Nova Arifianto)

Bola mati Inggris terbukti menjadi hal yang mematikan di Piala Dunia 2018. The Three Lions amat mungkin menerkam Kroasia dengan set piece yang akurat. Mustahil Inggris tidak bisa mendapat bola mati di sekitar kotak penalti Kroasia atau setidaknya tendangan sudut. Kecepatan Raheem Sterling, Jesse Lingard, dan Marcus Rashford bisa menjadi masalah tersendiri di lini belakang Vatreni.

Salah satu cara menghentikan aksi individu tersebut boleh jadi adalah melakukan pelanggaran. Duel ketat lima versus lima di lini tengah akan mewarnai laga yang mungkin akan berakhir dengan skor 3-2 untuk Inggris

Inggris Bisa Matikan Peran Modric dan Rakitic (Surya Sumirat)

Timnas Inggris harus bisa mematikan peran dua gelandang tengah Kroasia untuk menguasai memenangi pertandingan ini. Kedua pemain tersebut bagai separuh nyawa Vatreni di Piala Dunia 2018 ini. Dari Modric dan Rakitic juga keseimbangan dalam menyerang dan bertahan serta irama permainan Kroasia terbentuk. Karena itu untuk mengalahkan Kroasia, Inggris perlu lebih dahulu membatasi ruang gerak kedua gelandang kreatif tersebut.

Di skuat Inggris saat ini tidak ada gelandang kreatif seperti Modric dan Rakitic. The Three Lions hanya punya gelandang dengan tipikal permainan konvensional, menyerang atau bertahan. Kendati demikian, saya yakin Gareth Southgate memiliki solusi untuk masalah ini. Southgate bisa memerintahkan Jordan Henderson dan Dele Alli guna mematikan pergerakan Modric serta Rakitic.

Duet Henderson dengan Eric Dier juga bisa diandalkan. Kalau bisa menghambat laju Modric dan Rakitic, Inggris sudah separuh jalan untuk memenangi laga. Hal lain yang patut diantisipasi Southgate adalah variasi dalam bola-bola mati. Usai menyingkirkan Swedia, Inggris kian tenar dengan keunggulan set piece. Untuk hal ini Kroasia pasti akan mengantisipasinya. Jika set piece ini kembali dapat diandalkan, maka saya prediksi Inggris akan menang 2-0.

Kroasia Hancurkan Ambisi Inggris (Haryanto Tri Wibowo)

Kroasia akan menjadi tim besar pertama yang akan dihadapi Inggris di Piala Dunia 2018. Inggris mungkin pernah dikalahkan Belgia di babak grup, tapi ketika itu kedua tim sama-sama menggunakan pemain pelapis. Kroasia akan menjadi ujian sesungguhnya bagi Inggris di Piala Dunia 2018.

Mental bermain Inggris akan benar-benar diuji Kroasia, terlebih The Three Lions belum pernah tertinggal dari empat kemenangan yang pernah mereka raih di Piala Dunia 2018. Kroasia punya lini tengah untuk meredam permainan cepat Inggris. Lini depan Kroasia juga bisa mengimbangi duel-duel udara Inggris. Kroasia saya prediksi menang 2-1 atas Inggris.

Skuat Inggris Lebih Segar Dibandingkan Kroasia (Ahmad Bachrain)

Langkah Inggris untuk memenuhi ambisi mereka juara Piala Dunia 2018 kian dekat. Begitu pula Kroasia yang bertekad mengukir tinta emas untuk kali pertama minimal ke final. Laga kedua tim pun kemungkinan bakal bertensi tinggi dengan permainan agresif menembus pertahanan Inggris. The Three Lions juga bakal melancarkan serangan ‘kilat’ terutama di sisi sayap.

Dalam duel bertensi tinggi nanti, Inggris sedikit diuntungkan karena memiliki skuat yang lebih bugar. Beda halnya dengan Kroasia yang beberapa pemainnya sempat cedera di perempat final. Inggris saya prediksi menang 2-1 atas Kroasia.

Kroasia Kirim Inggris Pulang Tanpa Trofi Piala Dunia (Putra Permata Tegar Idaman)

Kroasia akan menghadapi Inggris pada babak semifinal Piala Dunia 2018. Meski kalah dalam hal tradisi dan sejarah di Piala Dunia, justru Kroasia kali ini yang lebih pantas diunggulkan dibandingkan Inggris. Ivan Rakitic, Luka Modric, dan Mario Mandzukic punya mental bertanding dan jam terbang yang lebih tinggi dibandingkan pemain-pemain Inggris macam Harry Kane, Raheem Sterling, dan Dele Alli.

Kualitas Modric dan Rakitic di lini tengah bakal membuat Kroasia menguasai bola dan membuat ‘Three Lions’ kesulitan berkreasi. Hal penting yang harus diperbaiki Kroasia adalah penyelesaian akhir yang lebih baik di depan gawang lawan. Meski kesulitan menyerang, Inggris bisa punya serangan mematikan lewat skema set piece dan hal ini yang harus diwaspadai oleh Kroasia. Bila mampu tampil disiplin mengantisipasi bola mati, Kroasia bisa melaju ke final dengan kemenangan 2-1 atas Inggris.

Tiga Singa Atasi Kuda Hitam

Semifinal Piala Dunia 2018 mempertemukan Kroasia melawan Inggris. Tim Tiga Singa dijagokan akan bisa mengatasi tim kuda hitam, Vatreni.
Pertandingan antara Kroasia melawan Inggris itu akan berlangsung di Luzhniki Stadium, Kamis (12/7/2018) dinihari WIB. Pemenang laga itu sudah ditunggu oleh Prancis, yang memenangi pertandingan semifinal melawan Belgia.

Inggris dan Kroasia sudah pernah sekali bertemu di turnamen mayor. Pertemuan mereka terjadi di fase grup Piala Eropa 2004. Inggris menang dengan skor 4-2 kala itu. Secara keseluruhan, Inggris dan Kroasia sudah tujuh kali bertemu di semua ajang. Inggris menang sebanyak empat kali, Kroasia menang dua kali, dan satu laga lainnya berakhir imbang.

Pemain Kunci

Luka Modric merupakan pemain kunci untuk Kroasia. Dia bagaikan dinamo tim untuk Vatreni. Selama Piala Dunia 2018, Modric sudah membukukan sebanyak dua gol dan satu assist Modric melepaskan 367 passing, 304 di antaranya bisa mencapai sasaran. Sebanyak 10 tembakan dilepaskan, empat on target. Ada 7 tendangan dari luar kotak penalti, satu berbuah gol cantik saat Kroasia mengalahkan Argentina dengan skor 3-0 di fase grup.

Modric mempunyai satu tandem pas di barisan gelandang. Dia adalah Ivan Rakitic. Kombinasi keduanya menjadi nyawa Kroasia. Pemain Barcelona itu sudah membukukan sebanyak satu gol. Rakitic membukukan 279 operan, 239 di antaranya mencapai sasaran. Sementara itu, Harry Kane jelas akan menjadi andalan Inggris untuk menjebol gawang Kroasia.

Di saat melawan Swedia, Kane tenggelam. Dia cuma membukukan satu tembakan di sepanjang pertandingan. Untuk sementara, Kane masih menjadi pemuncak daftar pencetak gol dengan catatan enam kali membobol gawang lawan.

Performa Tim

Setelah mencatatkan angka sempurna di fase grup, Kroasia tersendat di babak gugur. Mereka harus menentukan langkah ke babak berikutnya dengan adu kiper. Denmark dan Rusia merupakan dua lawan yang bisa menahan Kroasia.

Sementara itu, Inggris terus menanjak. Usai kalah dari Belgia, mereka membukukan sekali imbang (lalu menang adu penalti) dan memetik sekali kemenangan. Swedia merupakan tim yang dikalahkan Inggris. Skor akhirnya meyakinkan, dua gol tanpa balas.

Kroasia mempunyai rekor yang bagus saat berhadapan dengan tim Eropa di Piala Dunia melawan tim-tim Eropa. Rinciannya, mereka menang menang lima kali, imbang dua kali, dan sekali kalah dalam delapan pertandingan. Berbeda dengan Inggris, Kroasia lebih banyak mencetak gol dengan open play. Dari 10 gol yang dibukukan, cuma tiga yang berasal dari set pieces.

Sementara itu, Inggris sudah membukukan 11 gol di Piala Dunia 2018. Sebanyak delapan di antaranya dicetak lewat situasi bola mati. Inggris mempunyai lima pencetak gol berbeda. Sementara itu, Kroasia lebih merata dengan catatan delapan pencetak gol berbeda.

Dengan data-fakta di atas, Inggris dijagokan rumah taruhan untuk memenangi pertandingan. William Hill mencatat bahwa Inggris ada di koefisien 27/20, sementara kemenangan Kroasia ada di angka 13/5.(CNN/dtc/GS/)