Connect with us

Nasional

Wagub DKI Senang, 1.200 Pekerja Seni Terlibat dalam Jakarnaval 2018

Published

on

Sandi Uno dan Anies Baswedan di Jakarnaval 2018

Geosiar.com, Jakarta – Penyelenggara Jakarnaval yang dilaksanakan oleh Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Asyantoro, selaku sebagai ketua panitia, mampu melibatkan 1.200 pekerja seni  dalam jakarnaval 2018.

Hal ini membuat bangga wakil gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno. Ia juga menyatakan, Jakarta siap sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

“Kita lihat Jakarnaval selang dua tahun absen. Kembali dengan kemeriahannya dan yang kami syukuri adalah lebih dari 1.200 pekerja seni terlibat,” kata Sandiaga usai menonton Jakarnaval yang merupakan rangkaian HUT Kota Jakarta di depan Balai Kota DKI Jakarta, Ahad (8/7).

Jakarnaval adalah ajang apresiasi dan kehausan warga Jakarta akan atraksi. Kemeriahannya ia nilai begitu semarak. Acara ini untuk mengisi relung-relung jiwa warga Jakarta dengan cita rasa kebudayaan.

“Tadi juga kita memastikan demam Asian Games sudah mulai terasa. Demam ini sudah pada suhu 39-40 derajat, nggak boleh lebih tinggi lagi. Sakit kalau lebih tinggi lagi,” kata Sandiaga.

Ia menegaskan Jakarta sudah siap sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Pesta olahraga se-Asia itu juga akan dilaksanakan di Palembang, Sumatera Selatan. Jakarnaval 2018 mengusung tema The Spirit of Jakarta, dan pada tahun ini Jakarnaval khusus membawa semangat kesuksesan Jakarta sebagai tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018. Di Jakarnaval ke-19 ini ada 4.000 peserta. Biaya acara itu sebesar Rp3,7 miliar.

Sementara, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Jakarnaval 2018 merupakan salah satu karnaval terbaik yang pernah di gelar di Indonesia.

“Saya harap festival Jakarnaval ini festival yang baik, karena bukan hanya ditonton di Jakarta saja, tapi di ‘broadcast’ (siarkan) juga secara ‘live’ (langsung), di semua di Indonesia. Tunjukkan kalau inilah salah satu karnaval terbaik. Terima kasih pada warga yang ramaikan Jakarnaval ini,” ujarnya.

Peserta Jakarnaval menampilkan keragaman seni budaya dari berbagai wilayah, berbagai unsur, baik Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), para atlet Asian Games, atlet Asian Para Games, komunitas seni dan utusan dari berbagai provinsi di Indonesia.

Selain itu, Gubernur juga meminta warga menjadikan Jakarta sebagai kota yang baik, bersih, ramah bagi Asian Games 2018, selaku tuan rumah.

“Pada Agustus mata dunia tertuju ke Indonesia, karena kita adakan ajang olahraga bergengsi seAsia, yang Insya Allah Jakarta jadi tuan rumah yang baik dan membanggakan,” kata Anies.

Pada kesempatan itu Anies Baswedan juga melakukan pemotongan tumpeng di panggung Jakarnaval 2018 di Lapangan Monumen Nasional (Monas). Potongan tumpeng tersebut diberikan kepada Ketua Panitia Jakarnaval. Saat akan menuju panggung Gubernur menyapa warga dan menyalami yang dekat dengan panggung.