Connect with us

Sumut

Pengganti Pasar Aksara, Pemko Medan Usulkan Anggaran Rp110 Miliar

Published

on

Kondisi Pasar Aksara Medan.

Geosiar.com, Medan – Alokasi anggaran pembangunan pasar rakyat pengganti Pasar Aksara telah diusulkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Medan kepada Kementerian Perdagangan.

Sekarang ini pembangunan fisik pasar belum bisa dilakukan, mengingat kucuran dana APBN belum turun.

“Kami sudah usulkan sebelum puasa lalu ke pusat,” ucap Kepala Dinas Perdagangan Kota Medan, Syarif Armansyah Lubis, Rabu (04/07/2018).

Menurut Syarif, anggaran untuk pembangunan pengganti Pasar Aksara yang telah diusulkan tersebut sebesar Rp 110 miliar.

“Kemungkinan pemerintah pusat sedang mendiskusikan atas usulan kita ini. Mengingat biaya pembangunannya cukup besar. Jadi ya kita tunggulah,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk urusan pembebasan lahan diketuai Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang), Qamarul Fattah. Sementara urusan pembangunan memang diserahkan kepada Dinas Perdagangan Kota Medan.

“Karena pembangunan fisik kita yang tangani, makanya sudah kita usulkan anggarannya. Untuk persoalan pembebasan lahan saya tidak tahu persis detilnya,” ungkap dia.

Kesempatan itu ia juga mengungkapkan, sesuai konsep pembangunan pasar tersebut rencananya akan dibangun dua lantai.

“Tapi karena anggarannya besar kemungkinan pusat masih membahasnya. Sembari melihat ada tidaknya usulan serupa dari kabupaten/kota yang lain. Dimana memanfaatkan anggaran dari Kementerian Perdagangan,” katanya. (yl)