Connect with us

Sumut

Kemenhub Bangun Pelabuhan dan Kapal Besar untuk Benahi Danau Toba

Published

on

Danau Toba

Geosiar.com, Simalungun – Insiden Kapal Motor Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, Sumatera Utara, yang terjadi pada Senin (18/7/2018), membuat pemerintah membangun lima pelabuhan di danau terbesar di Asia Tenggara itu.

“Ada lima pelabuhan yang menjadi fokus utama, yaitu Pelabuhan Tigaras, Pelabuhan Ajbata, Pelabuhan Muara, Pelabuhan Ambarita, dan Pelabuhan Simanindo,” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi kepada wartawan, usai menghadiri Dialog Nasional Indonesia Maju, Kamis siang, (5/7/2018).

Budi mengungkapkan, untuk semua operator atau pengusaha perorangan Kapal Motor Penyeberangan akan mengikuti semua regulasi yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan dengan mengutamakan keselamatan.

“Pasti, Salah satu bagiannya adalah, bagaimana kita mendapat sarana yang bagus, kita menetapkan standar yang sesuai dengan ketentuan, sehingga tidak dijumpai lagi kapal yang tidak memenuhi standar,” tegas Budi.

Kemudian, untuk mendukung Danau Toba menjadi destinasi wisatawan Internasional. Kementerian Perhubungan tengah melakukan pembangunan enam unit kapal sebagai kapal wisata bahari di Danau Toba itu.

“Kami sekarang bangun lima Pelabuhan bagus-bagus dan enam Kapal. Kapal dengan kapasitas lebih besar dari yang sudah ada ini. Saya hari ini, juga akan berjumpa dengan keluarga korban di Tigaras,” ucap Budi. (yl)