Connect with us

Sumut

Pasar Aksara Baru Dibangun di Belakang Pos Lantas Percut Seituan

Published

on

Pasar Aksara di Bangun Kembali

Geosiar.com, Medan – Sekretaris Dinas Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (Perkim-PR) Kota Medan, Benny Iskandar mengklaim pihaknya sudah mendapat izin penetapan lokasi dari Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan

Rencannya lokasi pasar baru pengganti Pasar Aksara akan dibangun di atas lahan seluas 8.000 meter. Letaknya tidak jauh dari eks Pasar Aksara, yakni di belakang Pos Lantas Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang.

Namun, begitu dia belum bisa memastikan apakah lahan yang masuk wilayah Deliserdang itu dialihkan menjadi wilayah Kota Medan.

“Pemkab Deliserdang memang tidak ada janjikan pemberian lahan tersebut, hanya Bupati memberikan persetujuan di wilayahnya akan dibangun pasar pengganti Aksara. Kalau itu dialihkan menjadi wilayah Medan butuh proses, mengingat hal itu harus mendapat persetujuan dari DPRD dan juga Kementerian Dalam Negeri,” jelasnya, di Medan, Selasa (3/7/2018).

Seperti diberitakan sebelumnya, Dinas Perdagangan Kota Medan mengajukan usulan anggaran sebesar Rp 110 miliar kepada Kementrian Perdagangan pada Mei 2018 untuk membangun pengganti Pasar Aksara yang terbakar beberapa waktu lalu.

Sebelumnya juga, Wakil Ketua Komisi B DPRD Sumut, Aripay Tambunan, mengatakan untuk permasalahan eks pedagang Pasar Aksara ini, pihaknya telah 4 kali melakukan RDP. Namun sepertinya belum ada niat pemerintah untuk menyelesaikannya. Bahkan, Pemko Medan berkomitmen memindahkan pedagang ke tempat lain, seperti di eks Rumah Sakit Martondi, MMTC dan di Jalan Mesjid yang saat ini tengah dibahas sebagai tempat relokasi.

Perwakilan Pedangan Sejahtera Sembiring mengatakan tempat yang akan disediakan oleh Pemko Medan yakni di Jalan Mesjid sangat tidak cocok untuk berjualan, itu sama saja pembodohan. Karena dilokasi tersebut ada rumah ibadah, gedung sekolah dan ruko. (Ut)