Connect with us

Infografis

Ketum PPI : KM Lestari Maju, Sudah Naik Dok

Published

on

KM Lestari Maju

Geosiar.com, Jakarta – Insiden tenggelamnya Kapal Motor (KM) Lestari Maju, Selasa (03/07/2018), Dinilai oleh Ketua Umum Pergerakan Pelaut Indonesia Andri Yani Sanusi yang menyebut semestinya Kapal Motor tersebut, sudah naik dok.

Kondisi kapal yang dinilai sudah tak layak berlayar seharusnya disadari oleh syahbandar termasuk operator dan pemilik kapal untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di perairan.

“Kapal yang kandas di perairan Selayar seharusnya sudah naik dok. Informasi yang saya dapatkan kapal tidak naik dok tapi dokumennya ada,” ujarnya, (Rabu, 4 Juli 2018).

Andri mengatakan kecelakaan kapal di perairan bisa diantisipasi andai regulator atau pemangku jabatan seperti syahbandar tidak menarik pundi-pundi uang hanya untuk membuat kapal yang sudah tak laik kembali berlayar.

Dia bahkan mengklaim punya bukti bahwa hampir seluruh syahbandar mempermainkan izin berlayar dengan mempertaruhkan nyawa penumpang demi uang.

“Saya pelaut dan sudah menjadi rahasia umum bagi kami. Makanya kalau terbukti (ada kelalaian) yang perlu dijadikan tersangka pertama adalah BKI (Biro Klasifikasi Indonesia), kedua pemilik, ketiga syahbandar yang mengeluarkan surat izin berlayar,” ungkapnya.

Selanjutnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian memastikan insiden KM Lestari Maju yang kandas itu harus diselidiki hingga tuntas. Tito memastikan harus ada yang bertanggung jawab dalam insiden yang menyebabkan korban tewas tersebut.

“Ini kalau sudah ada yang tewas masuk ke dalam ranah penyidikan dan penyelidikan,” kata Tito di gedung PTIK, Jakarta, Rabu, 4 Juli 2018.