Connect with us

Fashion

Ayu Dyah Pasha Ajak Generasi Milenial Pakai Batik

Published

on

Ketua Umum Ikatan Pencinta Batik Nusantara (IPBN), Aktris Ayu Dyah Pasha.

Geosiar.com, Fashion -Ketua Umum Ikatan Pencinta Batik Nusantara (IPBN), Aktris Ayu Dyah Pasha (50), terus menyebarkan semangat cinta batik kepada generasi milenial.

“Ada banyak alasan untuk melakukan hal tersebut. Nanti di tahun 2020, era sekarang ini sudah diambil alih oleh generasi milenial. Oleh karena itu, batik harus dikenalkan, disuarakan, dan dipopulerkan kepada generasi milenial sebagai warisan negara. Selain itu, industri batik di Indonesia tetap terus bertahan,” ungkap Ayu saat dijumpai di acara peluncuran Batik Shopee, Jumat (29/6/2018).

Ayu menyampaikan, IPBN membuat beberapa program sebagai upaya edukasi masyarakat Indonesia agar lebih mencintai batik. Diantaranya, Batik Attack yaitu workshop membuat batik dari sekolah ke sekolah, Gebyar Batik Nusantara (GBN), Batik Trip yang mengajak anak muda untuk melakukan perjalanan ke sentral batik, dan Pemilihan Putra Putri Batik yang berlangsung tiap tahunnya.

“Untuk memperjuangkan kehidupan pengrajin batik, kami mencoba untuk terlebih dahulu mengedukasi bagaimana cara membedakan batik tulis, cap dan tekstil bermotif batik (printing). Mereka (generasi milenial-red) harus paham bagaimana proses pembuatan batik tulis dan cap hingga jadi untuk menumbuhkan rasa apresiasi itu. Karena, sampai saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaannya, dan beralih membeli tekstil bermotif batik karena harganya lebih terjangkau,” ungkapnya.

Usaha keras Ayu dan IPBN pun berhasil. Saat ini sudah semakin banyak masyarakat dan generasi milenial yang menyukai batik. Bahkan, batik tidak lagi dianggap kuno.

“Sekarang, banyak dari kalangan generasi milenial yang bekerja sama dengan perajin lokal untuk membuat brand, dan kemudian dipasarkan secara online. Sehingga, diharapkan perekonomian perajin batik meningkat dan mampu menumbuhkan perajin batik baru,” pungkasnya.