Connect with us

Daerah

Buaya di Kali Grogol, Petugas Sulit Menangkapnya

Published

on

Petugas Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta bersama Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan melakukan pencarian buaya lanjutan pada Kamis (28/6/2018) di Kali Grogol, Jakarta Barat. (kompas.com)

Geosiar.com, Jakarta – Ditemukan buaya muara di Kali Muara, Grogol, Jakarta. Namun para petugas mengalami kesulitan untuk menangkap buaya tersebut.

Ahli herpetologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Hellen Kurniati memberi saran agar menangkap buaya itu ketika malam hari saja.

“Perburuan buaya biasanya dilakukan malam hari dengan menggunakan sorot lampu dan ketika buaya muncul ke permukaan air yang biasanya hanya bola matanya saja, matanya akan memantulkan sinar yang berwarna merah. Cara ini akan lebih mudah,” kata Hellen, dilansir dari kompas.com, Jumat (29/6/2018).

Ia juga menyarankan agar mereka tidak menggunakan jaring biasa, tetapi jaring yang digunakan untuk pukat harimau.

Hellen mengimbau kepada masyarakat agar tidak takut dan jangan khawatir akan keberadaan buaya muara di perairan umum ini. Hal tersebut tidak mengindikasikan peningkatan populasi buaya muara.

Hellen juga menduga bahwa buaya muara yang ada di Kali Grogol ini merupakan buaya perliharaan seseorang yang lepas.

Ia juga menyarankan, jika buaya tersebut berhasil ditangkap, buaya segera dititipkan ke penangkaran khusus buaya untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

“Jangan dilepaskan lagi ke sungai, langsung saja dibawa ke penangakaran buaya agar bisa tertangani lebih baik,” katanya lagi.