Connect with us

Daerah

Dua Kabupaten di Papua Batalkan Pilkada Hari Ini

Published

on

Menkopolhukam Wiranto mencoblos di Pilkada 2018 (liputan6.com)

Geosiar.com, Papua – Wiranto, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan menyatakan bahwa dua kabupaten di Provinsi Papua batalkan Pilkada, Rabu (27/6/2018) hari ini. Dua kabupaten tersebut ialah Kabupaten Nduga dan Kabupaten Pinai.

Wiranto menyebut Kabupaten Nduga membatalkan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 karena pendistribusian logistik belum selesai menyusul situasi keamanan yang tidak kondusif.

Dikatakan, Pesawat Trigana Air yang membawa 18 anggota Brimob yang rencananya akan bertugas mengamankan proses pilkada serentak di Kabupaten Nduga ditembak oleh sekelompok kriminal sipil bersenjata.

“Aparat keamanan dari Brimob ditembaki sehingga logistiknya masih terlambat. Tapi sekarang sedang proses pengamanan,” kata Wiranto dilansir liputan6.com.

Sedangkan di Kabupaten Pinai, pembatalan  pelaksanaan Pilkada karena terjadinya konflik  antar pasangan calon bupati dan calon wakil bupati .

Kondisi ini mengakibatkan pelaksanaan Pilkada di dua kabupaten tersebut terpaksa ditunda dan baru akan dilaksanakan pada saat situasi dan kondisi di wilayah itu sudah betul-betul kondusif. Namun Pilkada akan tetap dilaksanakan dikemudian hari jika sudah memungkinkan.