Connect with us

Nasional

Jokowi : Pemerintah Lakukan Sosialisasi PPh Final UMKM 0.5%

Published

on

Presiden Joko Widodo menuturkan, dengan adanya kebijakan ini diharapkan dapat mengakselerasi para pelaku UMKM. (kompas.com)

Geosiar.com, Jakarta – Provinsi Bali dipilih menjadi lokasi pertama setelah sehari sebelumnya dilakukan peluncuran atas revisi PP 46 tahun 2013 yang semula 1% menjadi 0,5% di Surabaya.

Peluncuran PPh final UMKM yang semula 1% kini menjadi 0.5% telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (22,6), di Surabaya.

Revisi atas PP 46 tahun 2013 ini dilakukan pemerintah guna mendorong pertumbuhan dan penguatan sektor UMKM.

Presiden Joko Widodo menuturkan, dengan adanya kebijakan ini diharapkan dapat mengakselerasi para pelaku UMKM.

“Yang dari usaha kecil bisa sampai ke usaha besar,” ujar Presiden Jokowi

Senada dengan Presiden Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan, salah satu tujuan dari revisi PP 46 tahun 2013 adalah, mendorong peran serta masyarakat dalam kegiatan ekonomi formal.

Selain itu, revisi PP ini bertujuan untuk memberi kemudahan bagi UMKM dalam melaksanakan kewajiban perpajakan. Tujuan lainnya adalah lebih memberikan keadilan serta memberi kesempatan berkontribusi bagi negara.

Menko Darmin mengungkapkan sebaran penerimaan PPh UMKM per Provinsi tahun 2017.

“Secara keseluruhan, tujuh provinsi berkontribusi menyumbang 80% dari total penerimaan PPh UMKM. Dan Bali merupakan salah satu Provinsi penyumbang PPh UMKM tersebut,” jelas Menko Darmin. (Ut)