Connect with us

Teknologi

Sempat Mengalami Kebocoran Data, Pendiri Facebook Menargetkan Segera Mengejar Posisi Wareen Buffet Sebagai Orang Terkaya

Published

on

Pendiri Facebook ini akan segera mengejar posisi Warren Buffett sebagai orang terkaya (kabar24.bisnis.com)

Geosiar.com, Jakarta— Siapa yang tidak mengenal Mark Zuckerberg? Pendiri Facebook ini akan segera mengejar posisi Warren Buffett sebagai orang terkaya ketiga di dunia setelah asetnya terus meningkat sejak Maret lalu.

Zuckerberg, yang jauh lebih muda dari Buffett  (Bos Berkshire Hathaway Inc), sekarang memiliki kekayaan senilai US$81,6 miliar. Jumlah kekayaannya bertambah US$8,8 miliar tahun ini setelah Facebook bangkit dari persoalan kebocoran data pribadi pemilik akun media sosial itu, yang menyebabkan sahamnya turun hingga 18%.

Sejak Maret lalu sahamnya rebound dari posisi US$152.22 pada 27 Maret dan ditutup naik pada rekor US$202 sehingga mempersempit celah kekayaannya dengan Buffett menjadi US$29 juta, sebagimana dikutip Bloomberg Billionaires Index, Kamis (21/6/2018).

Pemulihan harga saham Facebook telah memberi insentif kekayaan bagi pejabat Facebook, termasuk Chief Operating Officer (COO), Sheryl Sandberg. Dia sekarang memiliki aset bernilai US$1,8 miliar, dan Chief Technology Officer (CTO) Michael Schroepfer yang memiiki saham 0,05% ata senilai US$225 juta.

Zuckerberg (34 tahun)  juga membuntuti pendiri Amazon.com, Inc Jeff Bezos. Bezos merupakan  orang terkaya di dunia dengan kekayaan US$144,8 miliar, dan pendiri Microsoft Corp Bill Gates, dengan kekayaan US$92,8 miliar.

Indeks Bloomberg memeringkat 500 orang terkaya di dunia dan diperbarui setelah penutupan perdagangan saham di New York.

Peringkat Buffett, 87, yang pernah menjadi orang terkaya di dunia, turun setelah dia aktif memberikan bantuan amal sejak 2006.

Dia menyumbangkan sekitar 290 juta saham Berkshire Hathaway Kelas B kepada badan amal yang sebagian besarnya untuk yayasan milik Gates.

Saham tersebut sekarang bernilai lebih dari US$50 miliar, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Zuckerberg sendiri telah berjanji untuk membagikan 99 persen saham Facebook di masa hidupnya. (Ut)