Connect with us

Teknologi

Saingi YouTube, Instagram Luncurkan Fitur IGTV

Published

on

Founder & CEO Instagram Kevin Systrom. (metrotvnews.com)

Geosiar.com, Teknologi – Fitur baru IGTV diumumkan Instagram dalam acara pers di New York, Amerika. IGTV merupakan hub baru dari Instagram yang didedikasikan untuk video berdurasi panjang dan menyaingi YouTube.

IGTV akan memungkinkan pengguna untuk mengunggah video yang berkisar dari 15 detik hingga 60 menit, naik dari batas sebelumnya 60 detik. Langkah ini muncul ketika CEO Instagram Kevin Systrom mengatakan bahwa itu memukul satu miliar pengguna di platformnya.

“Hal ini berawal dengan foto persegi dan video. Itu masa lalu yang menyenangkan,” ujar Systrom sebagaimana dikutip laman Daily Mail, 20 Juni 2018.

“Sejak saat itu video telah meledak, kami terus membangun pengalaman video, dan pada tahun 2016 kami meluncurkan Stories, yang membawa kami ke IGTV,” ujar Kevin.

IGTV dapat ditemukan di tab Explore Instagram mulai Rabu dan akan menjadi aplikasi mandiri yang diluncurkan untuk perangkat iOS dan Android dalam beberapa minggu ke depan.

Instagram sudah memungkinkan pengguna melakukan streaming video langsung hingga satu jam, tapi IGTV akan fokus pada video yang diunggah pengguna, mirip dengan pembuat konten YouTube.

Video akan menjadi layar penuh, berorientasi vertikal, dan dapat memiliki resolusi hingga 4K.

“Sama seperti menyalakan TV, IGTV mulai berjalan segera setelah pengguna membuka aplikasi,” kata Instagram dalam sebuah pernyataan.

“Pengguna tidak perlu mencari untuk mulai menonton konten dari orang-orang yang sudah Anda ikuti di Instagram dan orang lain yang mungkin pengguna sukai berdasarkan minat”.

Pengguna dapat menggeser ke atas di aplikasi untuk menemukan lebih banyak konten dan dapat memilih dari serangkaian pilihan yang tersedia. Selain itu, pengguna juga dapat menyukai, berkomentar dan mengirim video ke teman melalui pesan langsung.

Menurut survei yang dilakukan oleh Pew Research strategi Instagram dengan IGTV akan meningkatkan kepopuleran platform media sosial itu bagi pengguna usia antara 13 hingga 17 tahun. Instagram membanggakan sebanyak 800 juta pengguna aktif, 500 juta di antaranya menggunakan layanan ini setiap hari.

Banyak yang mengharapkan Instagram untuk menjalankan iklan di samping video, yang memungkinkan para pembuat konten untuk mendapatkan penghasilan dari konten mereka. Namun, menurut laman The Verge, Instagram tidak akan membayar pembuat konten untuk membuat konten di IGTV.

Selain dengan YouTube, IGTV akan bersaing dengan aplikasi penawaran video serupa seperti Facebook dan Snapchat. Facebook memperkenalkan platform video di tahun 2017 untuk menyaingi YouTube yang banyak digunakan kalangan remaja.