Connect with us

Infografis

Minimnya Pengawasan Kinerja, Arus Balik Lebaran Terminal Bus Alam Barajo Sepi

Published

on

Angkutan Mudik di Jambi Banyak Tidak Melapor ke Terminal (beritasatu.com)

Geosiar.com, Jambi – Kurangnya sistem kinerja dan pengawasan di terminal bus Alam Barajo, Kota Jambi mengakibatkan tidak terdata secara akurat para penumpang bus menyusul sikap awak bus yang tidak melapor ke Posko Mudik Lebaran begitu tiba di Kota Jambi. Bus yang baru tiba di Jambi langsung menurunkan penumpang di loket masing-masing di luar terminal Alam Barajo.

Pantauan SP di terminal Alam Barajo, Kota Jambi, Rabu (20/6), arus balik Lebaran terlihat sepi. Tidak banyak bus mudik yang menurunkan penumpang di terminal itu. Bus lebih banyak menurunkan penumpang di loket-loket bus sekitar terminal dan sepanjang Jalan Pattimura Kota Jambi. Sikap awak bus yang enggan masuk terminal setelah tiba di Kota Jambi nampak juga dari rendahnya angka penumpang arus balik di terminal itu.

Kepala terminal bus Alam Barajo, Despredo kepada SP di Kota Jambi, Kamis (21/6) menjelaskan, jumlah penumpang bus arus balik Lebaran di terminal Alam Barajo mulai H+1 hingga H+5 Lebaran, Sabtu–Rabu (16–20/6) hanya mencapai 465 orang. Jumlah tersebut tidak sebanding dengan penumpang bus arus mudik mulai H–7 hingga H–1 Lebaran, Jumat–Rabu (8–14/6) yang mencapai 9.866 orang.

“Jumlah penumpang bus arus mudik dan arus balik di terminal Alam Barajo tidak sebanding. Padahal arus balik Lebaran di Jambi cukup padat,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, jumlah arus balik Lebaran dari Kota Jambi melalui terminal Alam Barajo mulai H+1 hingga H+5 Lebaran mencapai 3.906 orang. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan jumlah arus mudik yang datang di Kota Jambi pada H–7 hingga H–1 Lebaran sekitar 1.233 orang.

“Arus balik Lebaran dari kota lain ke Jambi melalui moda transportasi darat sebenarnya sudah meningkat sejak Selasa–Rabu (19 – 20/6). Namun tidak terpantau seluruhnya karena banyak bus menurunkan penumpang di loket masing-masing. Mereka tidak melapor ke Posko Mudik Lebaran di terminal,” katanya.

Dijelaskan, arus balik Lebaran dari Kota Jambi ke berbagai kota lain di Sumatera dan Jawa dan sebaliknya diperkirakan masih tetap tinggi hingga Sabtu–Minggu (23–24/6). Pemudik yang kembali ke Kota Jambi akhir pekan ini terutama dari Padang, Sumatera Barat, Palembang, Sumatera Selatan, Pekanbaru, Riau, Tapanuli Selatan dan Medan, Sumatera Utara. (Ut)