Connect with us

Daerah

Pantai Otan, Pantai Perawan Tiga Warna

Published

on

Hamparan luas pasir Pantai Otan, Semau Utara, Nusa Tenggara Timur

GeoSiar.com, NTT – Pantai Otan, Semau Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah dengan hamparan pasir putih dan pepohonan enau yang berjejer alami di sepanjang pantainya.

Menikmati keindahan alam disalah satu wilayah kabupaten Kupang ini tentu saja menjadi tujuan utama bagi sebagian besar orang dalam mengisi liburan akhir pekan maupun libur panjang. Anda tentu tidak akan menyesal jika menyisihkan waktu dan juga materi untuk dapat sampai ke tempat yang menakjubkan ini.

Pantai di bagian barat pulau Timor ini masih sangat alami dan belum dirusak oleh tangan jahil manusia. Tak heran orang menamainya dengan pantai perawan.

Di sepanjang pasir yang terhampar luas, anda dapat melihat beberapa ganggang hijau, tumbuhan unik lainnya.

Ternyata tak hanya pamandangannya yang indah, laut di pantai Otan juga menyediakan beragam hasil laut seperti cumi, ikan, teripang, dan rumput laut yang bisa dengan mudah dinikmati oleh masyarakat setempat.

Nah, untuk bersantai, biasanya para pengunjung akan lebih memilih berbaring di atas hamparan pasir putih yang luas beratapkan awan putih bersih dan digoda oleh gulungan ombak yang berkejar-kejaran menyentuh bibir pantai.

Beberapa pengunjung juga lebih memilih bergelantungan di dahan enau yang cukup landai untuk melindungi diri dari sinar matahari dan tertidur sembari merasakan angin sepoi yang berhembus.

Biasanya, para pengunjung yang datang menikmati pantai Otan akan berdecak kagum dengan air laut yang terdiri dari 3 warna utama yakni biru muda, biru pekat hingga warna biru tua yang membedakan tingkat kedalamannya, termasuk anda.

Selain laut, bunga kapas khas dari daerah ini juga sangat terkenal dengan ketiga warnanya, maka tak heran orang juga menamai daerah ini dengan nama asli Nusa Bungtilu, yang memiliki arti sebagai Pulau Bunga Tiga Warna.

Bunga kapas tiga warna ini biasanya akan digunakan untuk menenun kain adat masyarakat setempat yang terdiri dari suku Helong (penduduk asli), Suku Timor dan Suku Rote.

Wah, anda tentu dapat sekalian membawa pulang kain khas yang dihasikan dari daerah ini jika anda menginginkannya sebagai kenang-kenangan.

Anda tertarik? Mulai dari sekarang, yuk menabung untuk dapat menyatu dengan suasana alam Pantai Otan, anda tentu tak akan menyesal dengan kemegahannya. (CW1)

  • Pantai Otan, Semau Utara, Nusa Tenggara Timur ya terdiri dari 3 warna utama yakni biru muda, biru pekat hingga warna biru tua yang membedakan tingkat kedalaman masing-masing

  • Anda bisa menikmati keindahan Pantai Otan sambil berbaring di atas pohon Enau

  • Pantai Otan, Pulau Bunga Tiga Warna