Connect with us

Nasional

PA 212: Habib Rizieq Enggak Bisa Pulang, Kasus Lain Belum Di-SP3

Published

on

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq.

Geosiar.com, Jakarta – telah mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) terhadap kasus dugaan chat mesum pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq. Walaupun demikian, belum diketahui kapan ia kembali ke Tanah Air dari Arab Saudi.

Humas Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin menyampaikan belum bisa memastikan kapan Habib Rizieq pulang. Katanya, itu lantaran masih banyak kasus menimpa pimpinan FPI itu, yang dianggap sebagai upaya kriminalisasi.

“Enggak bisa pulang. Jadi, begini SP3 Habib Rizieq itu, ada tiga sampai empat kasus lagi yang belum di-SP3,” kata Novel saat dijumpai di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (18/6/2018) lalu.

Ia menjelaskan, kasus Habib Rizieq yang belum di-SP3 itu di antaranya kasus tentang palu arit PKI. Dalam kasus ini, Novel menganggap Habib Rizieq ditersangkakan. Kasus lainnya adalah terkait ceramah Habib Rizieq soal Natal.

“Karena masih ada yang ketika Habib Rizieq tentang logo PKI itu diduga Habib Rizieq ditersangkakan. Kemudian masalah Habib Rizieq ceramah masalah Natal itu dilaporin juga,” jelasnya.

Walaupun begitu, Novel melihat tiga sampai empat kasus tersebut diduga akan di SP3 dan dibarter oleh pihak kepolisian dengan kasus-kasus lainnya.

“Oleh karena itu saya duga kasus ini akan dibarter dengan (Kasus) Victor Laiskodat atau Ade Armando. Kita khawatir dibarter dengan Habib Rizieq yang memang dikriminalisasi dengan ditersangkakan dan beda dengan yang tersangkut dengan fakta hukum yang sangat jelas,” ucap dia.

Meski sudah lama tidak pulang ke Tanah Air, kata Novel, kondisi dari orang nomor satu di FPI itu selaku dalam keadaan sehat. Novel pun menyebut Habib Rizieq merasa nyaman selama berada di Saudi.

“Sudah diatur. karena Habib lulusan S1 Saudi, ada keluarga dan teman Habib Rizieq di sana yang sudah diatur. Justru Habib nyaman di sana, dakwahnya lebih efektif, kepada kita lewat live streaming rekaman dan mem-booming,” tandasnya.