Connect with us

Kesehatan

8 Makanan Bikin Cepat Kenyang, Pas Buat yang Diet

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Kesehatan – Tidak mengonsumsi karbohidrat bukan satu-satunya solusi untuk menjalani diet. Karena berat badan tidak akan berkurang dengan benar tanpa konsumsi karbohidrat.

Kekurangan karbohidrat saat menjalani diet merupakan satu hal yang harus diperhatikan, selain mendapatkan protein, lemak yang seimbang agar tubuh tetap sehat dan aman.

Ada beberapa produk yang bisa mencukupi jumlah karbohidrat, lemak, vitamin, serta membantu merasa kenyang lebih lama tanpa harus makan banyak. Dilansir Bright Side, berikut informasi tentang karbohidrat yang membantu mengurangi berat badan saat diet.

1. Karbo komplek

Konsumsi karbohidrat komplek lebih banyak untuk mengurangi berat badan. Karbohidrat komplek mengandung pati, glikogen, seperti roti, kacang-kacangan, sereal, pasta, kentang, sayuran, kacang.

Karena karbohidrat komplek diolah lebih lama dalam tubuh sehingga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama, selain juga membantu pertumbuhan otot.

2. Buncis

Buncis mengandung protein dan asam amino yang bertanggung jawab untuk mendapat metabolisme. Serat juga membantu mengontrol jumlah makanan yang dikonsumsi. Buncis akan sempurna disajikan dengan minyak zaitun, sup.

3. Jagung

Protein dan vitamin dalam jagung membuat kulit lebih sehat, rambut dan kuku, serta berkontribusi untuk membakar lemak dan serat di dalamnya bisa merangsang kerja usus.

Fakta menarik lainnya adalah, jika mencampur jagung dengan kacang merah, akan membuat proses penurunan berat badan lebih efektif karena keduanya mengandung pati, dan meningkatkan metabolisme.

4. Pasta

Pasta gandum merupakan salah satu produk utama dalam daftar diet. Karena mengandung karbohidrat komplek yang memberi energi dan membersihkan tubuh dari racun. Pasta akan sempurna jika disajikan dengan sayuran.

5. Kacang panjang dan asparagus

Kacang panjang mengandung potasium yang menguatkan otot dan menormalisasikan kerja usus. Kacang panjang sangat direkomendasikan untuk orang yang tidak mengkonsumsi daging karena mengandung protein dalam jumlah besar.

Makanan ini juga cukup terkenal di antara mereka yang ingin menurunkan berat badan karena kandungan gizi di dalamnya membuat orang merasa kenyang lebih lama.

Sedangkan asparagus, mengandung serat, dan sejumlah besar vitamin yang membantu menurunkan tekanan darah, mengeluarkan racun dan merangsang kerja jantung.

6. Jamur

Meski penuh nutrisi, jamur tidak mengandung banyak kalori. Jamur champignon mentah hanya mengandung 27 kalori, sementara yang goreng hanya mengandung 50 kalori.

Kandungan asam amino, sodium, potassium, vitamin B, C dan D membuat jamur sebagai pilihan makanan yang sangat sehat. Belum lagi kandungan serat dan protein di dalamnya membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

7. Nasi

Disarankan untuk makan padi liar atau wild rice dengan campuran beras lainnya, seperti beras coklat atau putih untuk membuat makanan yang lebih baik.

Kandungan serat dalam jumlah tinggi, protein, dan rendah kalori membuat beras jenis ini banyak disarankan untuk mereka yang diet.

8. Kentang

Kentang mengandung zat tepung lebih sedikit dibanding pasta atau sereal lainnya. Tapi yang lebih penting adalah perhatikan cara memasaknya.

Kentang yang dipanggang dengan minyak zaitun dan sayuran atau kentang rebus tidak akan mempengaruhi tubuh karena mereka menyimpan kandungan yang bermanfaat di dalamnya.

Direkomendasikan untuk berhenti mengkonsumsi mentega dan daging dengan kentang terutama kentang goreng. Pilih metode seperti di atas sehingga kentang tidak akan memberi pengaruh buruk pada tubuh. (ren)