Connect with us

Kesehatan

Manfaat Bayam Sebagai Stimulus Pertumbuhan Rambut

Published

on

Ilustrasi

Rambut adalah mahkota para wanita. Namun, kerap kali wanita dihadapkan pada lamanya pertumbuhan rambut. Dan permasalahan pertumbuhan rambut tidak hanya dialami oleh wanita. Pria pun sering menghadapi masalah terhadap pertumbuhan rambut.

Permasalahan pertumbuhan rambut sebenarnya bisa diatasi dengan beragam produk perawatan rambut yang dijual di pasaran. Selain itu, Anda juga menggunakan alami seperti bayam untuk menstimulus pertumbuhan rambut, seperti dilansir dari Boldsky.

Bayam memiliki banyak manfaat kesehatan yang membuat tubuh Anda kuat dan bagus. Bayam sendiri merupakan sayuran berdaun hijau yang sangat bergizi dan mengandung banyak vitamin, serta antioksidan. Vitamin penting yang terkandung dalam bayam antara lain Vitamin A, K, C, B1, B1, B6 dan E. Selain itu, bayam juga mengandung asam lemak, omega 3 dan mineral. Tak heran, jika bayam mampu membantu menyembuhkan masalah peradangan dan mencegah kanker.

Selain memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, bayam juga berfungsi menjaga kesehatan rambut. Kaya akan vitamin A dan C, bayam mampu membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga kulit kepala tetap sehat.

Tubuh kita membutuhkan folat untuk membangun sel darah merah sehingga dapat mengangkut oksigen dan nutrisi ke tubuh, termasuk ke folikel rambut.

Terdapat banyak cara untuk memanfaatkan bayam sebagai stimulus pertumbuhan rambut. Salah satu dengan menjadikannya masker rambut yang dicampu dengan minyak rosemary. Minyak rosemary sendiri banyak digunakan untuk perawatan rambut.

Minyak rosemary membantu untuk merangsang folikel rambut yang pada akhirnya juga mengarah paa pertumbuhan rambut yang lebih panjang dan lebih kuat. Selain itu, minyak rosemary membantu memperlambat rambut rontok secara prematur dan pertumbuhan uban secara dini. Jika kulit kepala Anda kering dan terkelupas, minyak rosemary menjadi obat terbaik untuk merawata kulit kepala kering dan bersisik

Untuk itu, masker rambut dari bayam dan rosemary membantu menyuburkan rambut, menstimulasi sirkulasi darah, memperlambat rambut rontok, dan mengurangi ketombe. Caranya, rebus tiga cangkir bayam cincang dalam air hangat selama 2-3 menit. Kemudian hancurkan bayam matang hingga halus. Tambahkan dua sendok makan daun rosemary segar dan campurkan secara merata.

Gunakan campuran masker ini ke kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat dan ulangi perawatan ini maksimal dua kali seminggu.