Connect with us

Politik

Hinca Pandjaitan Tinjau Pembangunan Sanggar di Dolok Sipiak Parapat

Published

on

Anggota Komisi III DPR RI, DR Hinca IP Pandjaitan XIII saat meninjau pembangunan sanggar budaya dan seni di Dolok Sipiak Parapat, Sabtu (16/6/2018). (foto: lambok manurung)

Parapat, Geosiar.com – DR Hinca IP Pandjaitan XIII SH MH ACCS dorong pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk percepatan pembangunan sanggar budaya dan seni di dolok Sipiak Kelurahan Tigaraja Kec Sipanganbolon, Parapat, Pemkab Simalungun. Percepatan dinilai penting guna mendukung geopark kaldera Toba menuju wisata dunia.

Hal tersebut disampaikan anggota Komisi III DPR RI, Hinca Pandjaitan disela sela reses perseorangan di Parapat, Sabtu (16/6/2018). Saat kunjungannya, Hinca menerima banyak aspirasi warga Parapat terkait penataan kota wisata itu sehingga mendapat kunjungan wisatawan yang tinggi.

Pada kesempatan itu, Hinca sangat merespon keluhan masyarakat. Untuk itu Hinca berharap agar pemerintah daerah terus melakukan gagasan dan inovasi soal pelestarian wisata dan tetap menjaga kearifan lokal. Menurut Hinca yang juga Sekjen DPP Partai Demokrat itu, dengan banyaknya kunjungan wisatawan ke Parapat dipastikan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Seperti yang disampaikan koordinator sanggar dolok Sipiak Cory Pandjaitan yang juga penggiat budaya dan wisata, kepada Geosiar.com. Saat ini warga Parapat tetap bersedia dan berharap pembinaan dari pemerintah dan pihak mana pun upaya pembenahan wisata Danau Toba.

Tentu kerjasama itu diharapkan Cory sebagai upaya pelestarian keindahan Danau Toba dan budaya kearifan lokal.

Sama halnya dengan pembangunan Sanggar Seni di dolok Sipiak diharapkan dapat sebagai pembinaan dan pertunjukan seni budaya kepada wisatawan lokal dan mancanegara. Kepada Hinca, Cory berharap tetap bersedia memfasilitasi ke Pemkab Simalungun soal penataan Danau Toba. (lamru)