Connect with us

Sumut

Bersama Komkep KAM, ISKA Gelar Seminar Kepemimpinan CAUSA untuk OMK Medan

Published

on

Peserta pelatihan kepemimpinan CAUSA memegang lilin di depan Gedung Catholic Center Medan, Kamis (14/6/2018)

Geosiar.com, Medan – Ikatan Sarjana Katolik Sumatera Utara (ISKA) bersama dengan Komisi Kepemudaan (Komkep) Keuskupan Agung Medan (KAM) menyelenggarakan seminar Catholic Youth Leadership Training (CAUSA) di kantor ISKA Lt 2, Gedung Catholic Center, Jalan Mataram No.21, Petisah Hulu, Medan Baru.

Acara yang diadakan pada tanggal 14-15 Juni 2018 ini diikuti oleh 26 peserta yang tergabung dalam organisasi Orang Muda Katolik (OMK) KAM se-kota Medan. Adapun materi yang diberikan adalah mengenai Katolisitas, Character Building, Leadership, Media Sosial, dan Entrepreneurship.

Turut hadir juga Ketua ISKA Sumut, Drs Hendrik Halomoan Sitompul, MM sebagai salah satu narasumber dalam acara CAUSA. Dalam sambutanya, Hendrik mengucapkan selamat datang kepada para peserta dan bercerita sedikit tentang pengalamannya dulu sewaktu menjadi Ketua Muda/i Katolik (Mudika) di Gereja Katolik St. Paulus Pasar Merah, Medan.

“Selamat datang kepada adik-adik semua. Saya sangat dekat dengan organisasi kepemudaan Katolik, karena dulu saya juga pernah menjabat sebagai Ketua Mudika di Gereja Katolik St. Paulus Pasar Merah. Sebagai orang muda, kita harus selalu punya semangat membara untuk terus melayani demi masyarakat dan Gereja. Dan yang saya yakini hingga sekarang adalah apapun yang saya dapatkan hari ini adalah buah dari pelayanan saya kepada Tuhan,” ucap Hendrik yang juga merupakan anggota DPRD Medan Fraksi Partai Demokrat itu.

“Semoga ikatan emosional kita ini tetap terjalin dan bisa berlanjut terus. Semangat untuk kita semua. Syalom..Horas!,” tutup Hendrik Sitompul.

Acara dimulai dengan perayaan Misa yang dipimpin langsung RP. Alexander Silaen OFM Cap sekaligus Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Medan (KAM). Dalam kotbahnya, Pastor Alex menyampaikan pentingnya sikap berani menjadi pejuang dan pembela yang gigih pada masa kini.

“Sebagai orang muda Katolik, apakah kita berani menjadi pejuang dan pembela yang gigih pada masa kini? Maukah kita berkorban untuk orang lain? Marilah kita menjadi pembela dan pejuang dengan menjadi penyebar ilmu bagi saudara-saudara kita. Marilah kita jadikan seluruh ilmu yang akan kita dapatkan dalam kegiatan ini tidak hanya berguna bagi kita namun bagi seluruh OMK yang ada di paroki dan stasi kita masing-masing. Amin,” ucap Pastor Alex.

Lebih lanjut, materi Character Building dan Leadership dibawakan oleh Ir.Martinus Tjendana, M.Psi atau yang sering dianggil dengan Mr. Tin. Dalam penjelasannya, Mr. Tin memaparkan sikap negatif yang sering melekat pada diri anak muda ‘zaman now’, di antaranya adalah kurang disiplin, kurang rapi, tidak percaya diri, selalu sibuk dengan media sosial, dan sebagainya.

“Anak muda jaman sekarang identik dengan sikap kurang disiplin, malas, kurang rapi, tidak percaya diri, selalu sibuk dengan media sosial, dan sebagainya. Lalu bagaimana bisa menggapai cita-cita? Untuk menggapai impian diperlukan komitmen, percaya diri, dan sikap fokus untuk menggapainya,” tegas Mr. Tin.

“Tidak hanya itu, apabila ingin menjadi seorang yang sukses kita harus berubah mindset yang mencakup kedewasaan diri dan attitude, inisiatif dengan cara belajar keras, dan selalu hormat kepada orang tua. Itu yang harus anak muda ingat serta terapkan,” lanjut Mr. Tin.

Setelah pemberian materi Character Building dan Leadership, acara ditutup dengan Rekreasi Kreatif yang dibawa oleh salah satu panitia Sandy Meilala. Para peserta diminta untuk membawakan persembahan kreatif dari masing-masing kelompok, ada yang menyanyi, menari, berpuisi, dan fragmen. Tawa dan canda mewarnai suasana saat itu. (yl)

  • Drs. Hendrik Halomoan Sitompul, MM saat memberi kata sambutan di depan peserta CAUSA.

  • Suasana acara CAUSA hari pertama.

  • Drs. Hendrik Halomoan Sitompul, MM saat memberi kata sambutan di depan peserta CAUSA.

  • Pastor Alexander saat memberi kotbah di depan peserta CAUSA.

  • Mr. Tin memberi materi Character Building dan Leadership di hari pertama.

  • Salah satu kelompok peserta CAUSA saat menampilkan persembahan mereka.

  • Mr Tin memberi materi Leadership kepada peserta CAUSA.

  • Salah satu kelompok peserta CAUSA saat menampilkan persembahan mereka.