Connect with us

Sumut

Tol Tanjungmorawa-Parbarakan Resmi Dioperasikan

Published

on

Tol Medan-Kualanamu–Tebingtinggi.

Geosiar.com, Medan – Kabar baik, ruas Tol Medan-Kualanamu–Tebingtinggi, seksi 1 Tanjungmorawa-Parbarakan sepanjang 10,75 Km, telah resmi dioperasionalkan, pada Senin (11/6/2018).

Oleh karena itu, masyarakat dapat menikmati ruas jalan tol tersebut secara gratis selama H-5 sampai H+5 Lebaran tanpa dipungut biaya.

“Selama uji coba tol ini akan diberikan gratis. Ini merupakan kado Lebaran bagi masyarakat Sumut yang memanfaatkan jalan tol ini,” ujar Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, Senin (11/6/2018).

Gubsu Erry Nuradi, didampingi Dirut PT Jasa Marga Kualanamu Tol, Agus Suharjanto, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN)-II Medan, Paul Ames Halomoan Siahaan dan Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Setdaprovsu Ibnu Sri Hutomo meresmikannya dengan pengguntingan pita.

Pengoperasian Tol Tanjungmorawa-Parbarakan diharapkan dapat memperlancar arus mudik Lebaran tahun ini. Karena Tol Tanjungmorawa-Parbarakan melengkapi Seksi 2-6 Kualanamu-Sei Rampah sepanjang 41,6 km.

Di samping itu, kata Erry Nuradi, dengan dibukanya Tol Tanjungmorawa-Parbarakan ini masyarakat yang akan menggunakan jalan tol menuju Kualanamu telah memiliki pilihan.

“Tidak harus keluar dulu dari tol Tanjung-Morawa, melainkan bisa langsung ke Kualanamu,” sebut Erry.

Dirut PT Jasa Marga Kualanamu Tol Ir Agus Suharjanto menyampaikan dengan difungsikannya tol Tanjungmorawa – Parbarakan sepanjang 10,75 kilometer ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk arus mudik maupun arus balik.

“Karena biasanya padat-padatnya pada kondisi itu,” ujarnya.

Agus juga mengatakan, Jasa Marga selama arus mudik dan arus balik telah mempersiapkan kendaraan patroli dan ambulans, serta semua sarana penunjang.

“Sehingga diharapkan dapat memperlancar masyarakat dalam melaksanakan mudik maupun balik dalam rangka liburan,” katanya.

“Khususnya Tol Tanjung Morawa-Parbarakan ini, H-5 sampai H+5 Lebaran belum dikenakan tarif. Dan selanjutnya tarifnya sama dengan Kualanamu-Sei Rampah,” tambah Agus. (yl)