Connect with us

Kesehatan

Segudang Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dari Buah Alpukat untuk Atasi Bekas Jerawat

Published

on

Ilustrasi (skin.co.id)

Geosiar.com, Kesehatan – Alpukat adalah buah tropis yang rasanya lezat dan bisa disantap langsung, atau dijadikan sebagai pelengkap salad atau sandwich, hingga dijadikan smoothies segar.

Gak hanya menyehatkan karena mengandung lemak sehat dan berbagai vitamin saja. Ternyata, buah lezat satu ini juga ampuh menumpas bekas jerawat yang bandel. Gak heran kan banyak kosmetik yang menjadikan alpukat sebagai bahan utamanya. Ingin tahu apa aja rahasia yang dimiliki buah alpukat? Yuk, simak ulasan berikut.

1. Kandungan biotin yang dimiliki alpukat bisa digunakan sebagai pelembab alami. Bekas jerawat pun akan segera pergi!

Alpukat memang mengandung banyak manfaat. Gimana enggak, kamu bisa menemukan banyak vitamin yang berguna untuk kesehatan tubuh di buah ini. Salah satunya adalah biotin atau vitamin B7.

Di dalam alpukat, ada sekitar 2-6 mikrogram biotin. Asal kamu tahu, ini adalah jumlah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi tiap hari. Karena biasanya tubuh yang kekurangan vitamin B7 akan meruam merah, kering, dan bersisik.

Selain dikonsumsi, alpukat juga bisa digunakan sebagai masker pelembab alami. Siapkan 2 buah daging alpukat yang sudah dihaluskan. Campur dengan yogurt dan madu lalu aduk rata. Balurkan masker ini ke muka dan diamkan 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Kondisi wajah yang lembab berkat bantuan alpukat membuat bekas jerawat yang mengering segera hilang.

2. Vitamin E dalam buah alpukat merupakan anti oksidan. Tak heran jika bekas jerawat akan lenyap.

Anti oksidan alami juga bisa ditemukan di dalam buah alpukat. Sebut saja vitamin E dan juga Karotenoid. Zat tersebut bisa dijadikan perisai untuk menangkal radikal bebas. Bahkan, lutein (salah satu karotenoid) dapat menjaga keelastisan kulit karena mampu mempromosikan kadar air.

3. Minyak nabati dan vitamin C bisa ditemukan pada buah hijau satu ini. Bahkan ini yang membuat kulit muka tetap kencang.

Selain Karotenoid dan vitamin E yang penting untuk menangkal radikal bebas. Vitamin C dan minyak nabati untuk membuat kulit tetap kencang juga ada di dalam buah alpukat. Rahasia kekencangan kulit adalah karena kolagen, dan kolagen dihasilkan oleh vitamin C. Jadi, jika ingin kulit muka tetap kencang, kamu harus sering-sering mengonsumsi buah kaya lemak sehat yang satu ini.

4. Alpukat bisa dijadikan pembersih alami untuk wajah yang berjerawat. Campurkan dengan kuning telur dan susu untuk membuat masker perawatan.

Terkadang bekas jerawat masih saja bertahan karena kulit wajah yang kotor. Kamupun harus sering-sering membersihkan wajah dari debu, kotoran, dan minyak yang melekat. Jika kamu khawatir pada facial wash dan merk pembersih wajah yang memiliki efek samping, maka jatuhkan saja pilihan pada alpukat yang 100% aman.

Masker alpukat ini bisa membersihkan pori-pori dan mengangkat kotoran secara sempurna. Kocok satu kuning telur hingga berbusa, tambahkan setengah cangkir susu, dan daging alpukat halus. Campur semua bahan dan oleskan pada wajah seperti menggunakan masker pada umumnya. Bilas dengan air bersih setelah 15-20menit. Kamu bisa rutin menggunakannya supaya wajah tetap bersih dan bekas jerawat segera hilang.

5. Seringnya bekas jerawat tak kunjung lenyap karena muka yang berminyak. Usir saja dengan masker buah alpukat, putih telur, dan lemon yang gampang dibuat.

Gak cuma berguna untuk melembabkan kulit wajah saja, alpukat juga ternyata bisa meredakan wajah yang berminyak. Bahan yang dibutuhkan hanya setengah daging alpukat, lemon, dan putih telur. Aduk rata semua bahan hingga menjadi larutan masker. Kemudian gunakan selama 10-15 menit. Terkadang bekas jerawat tetap ada karena kulit yang mengandung minyak berlebih, maka lakoni riual ini untuk meredakannya.

6. Alpukat bisa dipakai sebagai bahan baku spa, ini cara mudah agar kehalusan kulit tetap terjaga.

Kamu gak harus melakoni spa di salon mahal supaya kulit tetap halus. Dengan berbekal buah alpukat, kamu bisa menjalani spa di rumah. Cukup haluskan daging alpukat dan balurkan ke seluruh tubuh atau wajah.

Minyak dari daging alpukat ini akan terserap secara sempurna ke dalam pori-pori kulit dan melembutkannya. Untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam, kamu bisa menambahkan yogurt dan madu yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati. (ledisia.com)