Connect with us

Kesehatan

Jangan Panik! 6 Cara ini Bantu Atasi Kulit Kering dan Mengelupas

Published

on

ILUSTRASI: Kulit Kering (utrinek.si)

Geosiar.com, Kesehatan – Biasanya kulit wajah bisa kering dan mengelupas karena kandungan kosmetik yang tidak sesuai dengan karakter kulitmu, paparan sinar matahari yang berlebihan, stres, dan dehidrasi.

Merasa panik saat kulit wajah kering dan mengelupas sih memang wajar. Namun, jangan sampai kamu larut dalam kepanikan itu, ya. Lebih baik kamu lekas mencoba 6 cara ampuh berikut ini untuk menuntaskan masalah kulit wajahmu yang sedang kering dan mengelupas. Yuk, simak!

1. Jangan Menggunakan Kosmetik untuk Sementara Waktu

Jika kamu mengira bahwa kosmetik barumu yang membuat kulitmu mengelupas, segera hentikan pemakaiannya selama 3 hari sampai seminggu. Tetapi kalau tidak memungkinkan, usahakan agar kulit wajah benar-benar bebas make up menjelang malam hingga pagi hari. Hal sederhana ini membuat kulit wajahmu punya waktu untuk beristirahat dan melakukan regenerasi sel kulit yang baru.

2. Coba Periksa Dulu Sabun Pembersih Wajahmu

Apakah kamu mengalami masalah kulit wajah mengelupas sesaat setelah menggunakan sabun pembersih wajah yang baru?

Kalau iya, berarti kemungkinan besar sabun pembersih wajah itu kurang cocok dengan kulitmu. Sebaiknya kamu menghentikan pemakaian sabun pembersih wajahmu dan kembali ke sabun yang dulu. Sabun yang tidak pernah membuat wajahmu kering dan mengelupas seperti saat ini.

3. Segera Lakukan Proses Eksfoliasi Kulit Wajah

Proses eksfoliasi kulit wajah bertujuan untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Tekstur kulit yang kering dan mengelupas memang disebabkan oleh tumpukan sel-sel kulit mati. So, kamu mesti menggunakan bahan-bahan alami untuk melakukan proses eksfoliasi kulit ya, ladies. Membuat scrub dari bahan gula pasir, garam, atau baking soda akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati secara maksimal.

4. Memilih Produk Pelembap Wajah dengan Cermat

Setelah proses eksfoliasi selesai, tahap selanjutnya adalah mengembalikan kelembapan kulit wajahmu. Kamu wajib memilih produk pelembap secara cermat agar tidak menimbulkan iritasi dan gangguan kulit lainnya. Selanjutnya, gunakan pelembap wajah dua kali sehari usai membersihkan wajah pada pagi dan malam hari menjelang tidur.

5. Membuat dan Menggunakan Masker Wajah dengan Bahan-Bahan Alami

Masker wajah berbahan alami tidak sulit dibuat kok. Kamu bisa memanfaatkan aneka jenis bahan makanan seperti yoghurt, buah-buahan segar, oatmeal, minyak zaitun, atau madu untuk membuat masker. Bila kamu rajin menggunakan masker alami setiap 2 kali seminggu, niscaya kondisi kulit wajahmu akan segera kembali lembap dan sehat dalam waktu singkat.

6. Minum Air Putih yang Cukup

Ini saatnya untuk memulai kebiasaan sederhana yang bermanfaat bagi kulitmu. Kamu wajib minum air dengan jumlah lebih banyak daripada biasanya. Bila cairan tubuhmu selalu berada dalam keadaan cukup, maka kulit wajahmu akan terhindar dari risiko kering dan pengelupasan. Sebaiknya kamu memilih air putih daripada jenis minuman lainnya karena air putih tentu lebih sehat dan tidak membuat tubuhmu menimbun kalori.

Setelah mengetahui enam solusi ini, pasti kulit wajah kering tidak akan bikin kamu panik berlebihan. Semakin cepat kamu mengatasi kulit wajah yang kering, maka semakin cepat pula kulitmu kembali lembap dan sehat seperti dulu. Selamat mencoba! (mercury.postlight.com)