Connect with us

Sumut

Enam Poin Imbauan Kapolres Pelabuhan Belawan Demi Kelancaran Mudik

Published

on

Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis Beri Enam Poin Imbauan Bagi Pemudik Lebaran (matalensa.co.id)

Geosiar.com, Medan – Jelang hari Lebaran, kebanyakkan masyarakat khususnya umat Muslim pergi mudik menghabiskan waktu bersama sanak saudara ke kota atau di kampung halaman.

Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Ikhwan Lubis memberikan enam poin berupa imbauan kepada masyarakat terkhusus di wilayah Sumatera Utara. Enam poin tersebut harus dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan selama mudik.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mengecek keadaan rumah, kesehatan dan jangan membawa barang yang berlebihan,” Ungkapnya dilansir Tribunmedan, Selasa (12/6/2018).

Enam poin yang disampaikan oleh Kapolres Pelabuhan Belawan yaitu

Pertama, periksalah rumah anda sebelum meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, dilakukan pengecekan seperti pintu, jendela, kompor, dan alat listrik.

Kedua, laporkan atau titipkan rumah kepada petugas keamanan setempat atau tetanngga. Bila ditinggalkan dalam keadaan kosong dalam waktu tertentu. Jangan lupa memberikan lampu penerangan di luar rumah.

Ketiga, simpanlah barang berharga, dokumen penting, di tempat aman atau titipkan ke kantor polisi.

Keempat, sebelum melaksanakan perjalanan jauh, cek kondisi kendaraan, jangan membawa barang berlebih, patuhi peraturan lalulintas dan jangan lupa berdoa untuk keselamatan.

Kelima, apabila lelah dalam perjalanan, gunakan pos pam kepolisian untuk beristirahat.

Keenam, tetaplah memperhatikan berita dan informasi tentang jalur mudik dan daerah yang dilalui dari berbagai media.

Oleh sebab itu, untuk memperlancar dan agar mudik anda berjalan aman dan nyaman, lakukanlah enam poin yang telah disarankan oleh Kapolres Pelabuhan Belawan. (tees)