Connect with us

Daerah

Gajah Jinak di Konservasi Aceh Timur Tewas Mengenaskan

Published

on

Ilustrasi (merdeka.com)

Geosiar.com, Aceh – Seekor gajah jinak bernama Bunta ditemukan tewas mengenaskan di Kamp Conversation Response Unit (CRU) Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh.

Kematian gajah jinak ini diduga akibat menelan racun yang sengaja diberi seseorang lewat buah pisang dan juga kuweni. Gajah itu ditemukan mati, Sabtu (9/6/2018).

“Dugaan kita gajah diracun, tapi kasus ini masih dalam penyelidikan kita,” tutur Kapolres Aceh Tinur, AKBP Wahyu Kuncoro melalui Kasat Reskrim AKP Erwin Satrio Wilogo, dilansir liputan6.com, Senin (11/6/2018).

Sisa buah-buahan dengan racun hitam pekat kini sudah diamankan polisi sebagai barang bukti.

Gajah itu mati dengan kondisi gading yang hanya tinggal satu. Pelaku memoting gading gajah Bunta ini sekitar 80 sentimeter panjangnya.

Ditemukannya gajah tewas berawal ketika petugas penjaga gajah hendak memandikan satwa tersebut. Namun ia terkejut ketika melihat salah satu gajah terbaring dengan kondisi kepala yang berdarah dan gading sebelah kiri hilang.

Atas kejadian itu, petugas langsung melaporkannya ke pemimpin CRU Serbajadi dan kepolisian setempat.
Kini tim medis dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) akan melakukan autopsi kepada gajah jinak yang tewas itu.

Bangkai gajah itupun masih berada d ilokasi ditemukannya gajah itu. Petugas CRU masih menjaga hingga Tim Keswan BKSDA Aceh datang ke lokasi. (tees)