Connect with us

Politik

PSI: Lagu #2019GantiPresiden Pembohongan Publik

Published

on

Para penyanyi lagiu #2019gantipresiden.

Geosiar.com, Jakarta – Partai Solidaritas Indonesia merespon lagu berjudul #2019GantiPresiden yang belakanagn ini marak diperbincangkan. Melalui juru bicaranya, Dedek Prayudi, PSI menilai konten lagu #2019GantiPresiden yang memunculkan tokoh-tokoh koalisi keumatan adalah bentuk upaya membohongi publik.

“Apakah ini diperbolehkan? Atas nama kebebasan berekspresi ya sah-sah saja. Tapi kami menangkap kesan mereka sedang membohongi publik,” kata Uki lewat keterangan tertulisnya, Sabtu, (9/6/2018).

PSI menganggap narasi yang disajikan oleh lagu itu tidak sesuai data kredibilitas. Uki, begitu Dedek biasa disapa, mencontohkan tentang pengangguran dan tenaga kerja asing dalam lagu itu.

“Jingle ini menyebutkan bahwa pengangguran meningkat. Sedangkan pengangguran sejak Jokowi menjadi Presiden hingga akhir 2017 turun 0,2 juta jiwa,” ujar Uki.

“Disebutkan juga di dalam lagu bahwa 10 juta lapangan kerja diambil oleh buruh asing. Ini sangat menyesatkan. Data resmi menunjukkan pekerja asing cuma 70 sekian ribu pekerja sampai dengan akhir 2017,” tambahnya.

Dia juga menilai tentang kenaikan tarif listrik dan BBM yang dinilai tidak membuat rakyat susah seperti narasi lagu itu. Soal pengurangan subsidi listrik juga menurutnya dimaksudkan untuk mewujudkan keadilan sosial.

“Masyarakat sudah paham akan cita-cita Pancasila, termasuk sila ke-5. Pengurangan subsidi listrik adalah untuk membangun pembangkit listrik demi mengalirkan listrik kepada 12 juta rakyat Indonesia yang hingga hari ini belum memiliki akses pada listrik,” kata dia.

Menurut PSI, konten lagu itu juga tidak sesuai dengan pola demokrasi maju dan modern. Demokrasi yang maju dan modern adalah demokrasi dimana opini dibangun berbasis data, bukan subjektivitas.

“Masih ada lagi konten lagu ini yang kami nilai opini subjektif belaka. Sebagai anak muda, kami menyarankan bahwa kebebasan berekspresi diisi dengan konten yang faktual sesuai data kredibel,” kata Uki.

Lagu #2019GantiPresiden digarap oleh inisiator gerakan #2019GantiPresiden, Mardani Ali Sera. Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera itu melakukan rekaman bersama sejumlah tokoh seperti Amien Rais, Fadli Zon, Ustaz Hasan Haikal, musisi Ahmad Dhani dan Derry Sulaiman. Ada juga artis seperti Fauzi Badillah, Neno Warisman.