Connect with us

Daerah

Ospek Berujung Maut, 3 Mahasiswa Fakultas Kedokteran UMI Dijatuhi Hukuman Bui

Published

on

Sidang pembunuhan Resky Evienia Syamsul di Pengadilan Negeri (PN) Makassar. (kabar.news)

Geosiar.com, Makassar – 3 mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) dijatuhi hukuman 1 tahun penjara dengan masa percobaaan 2 tahun oleh Pengadian Negeri (PN) Makassar . Ketiganya mahasiswa terlibat kasus penganiayaan yang menyebabkan kematian kepada mahasiswi kedokteran, Resky Evienia Syamsul pada Ospek 2016.

Ketiga terdakwa yang juga mahasiswa Kedokteran UMI itu adalah Sesaria Fatimah Nur Bachtiar (20), Heldi Jafar (21) dan Wahyuni Rachman (22).

“Terbukti secara sah dan meyakinkan karena kelalaian yang menyebabkan kematian orang lain. Menjatuhkan 1 tahun penjara dan tidak perlu dijalani jika ada putusan hakim selama menjalani masa percobaan 2 tahun terakhir,” kata ketua majelis hakim Kemal Tampubolon, di PN Makassar, Kamis (7/6/2018).

Dalam putusannya, Kemal mengatakan korban Resky Evienia Syamsul menjalani masa perpeloncoan saat mengikuti jurik malam pada acaa study club tim bantuan medis di Desa Pao, Tombolo, Kabupaten Gowa pada 2016 lalu.

Rezky dikatakan harus menjalani Sit Up, Push Up, dan Back Up di dalam kubangan air karena tidak berhasil menjawab pertanyaan dari seniornya.

“Lalu korban saat menuju ke pos dua mengaku sakit dan mulai tidak sadarkan diri,” kata Kemal.

Korban yang mengalami koma kemudian dilarikan ke RS Faisal dan kemudian dipindahkan ke RS Wahidin Sudirohusodo, Korban kemudian dinyatakan meninggal.

“Apabila pihak terdakwa tidak puas dapat melakukan upaya hukum. Upaya hukum 1 minggu,” kata Kemal. (yl)