Connect with us

Dunia

150 Anggota ISIS Akan Dieksekusi Mati di Baghdad

Published

on

Militan Isis.

Geosiar.com, Baghdad – Sekitar 150 anggota kelompok radikal ISIS telah dibawa ke Baghdad usai operasi pembebasan kota Mosul, Irak utara. Mereka dikabarkan akan dieksekusi mati di ibu kota Irak tersebut.

Seperti dilansir dari media Press TV, Kamis (7/6/2018), sumber kepolisian provinsi Nineveh menyampaikan, sebanyak 150 militan ISIS yang telah mendapat vonis mati, dipindahkan dari kota Mosul ke Baghdad di bawah pengawalan ketat pasukan Irak.

Kota Mosul berlokasi sekitar 400 kilometer sebelah utara Baghdad.

Sumber kepolisian tersebut menambahkan, para militan ISIS tersebut telah “mengakui mengintimidasi warga sipil, bergabung dengan kelompok ISIS, membunuh dan menjarah selama beberapa tahun terakhir.”

“Putusan pengadilan yang dijatuhkan ke para terdakwa itu, yang semuanya berkewarganegaraan Irak, akan segera dilaksanakan,” ujar sumber kepolisian tersebut.

Pada 9 Desember 2017 lalu, Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi mengumumkan berakhirnya operasi militer terhadap ISIS di negara tersebut. Tujuh bulan kemudian, Abadi secara resmi mengumumkan kemenangan atas kelompok ISIS di Mosul, yang menjadi basis utama ISIS di negara tersebut.

Pasukan Irak berhasil menguasai wilayah Mosul timur pada Januari 2017 setelah 100 hari pertempuran, dan melancarkan peperangan di wilayah Mosul barat pada 19 Februari 2017. (yl)