Connect with us

Kesehatan

Hati-Hati Ladys, Ini Dampak Jika Maskara Tidak Dibersihkan Terlebih Dahulu

Published

on

Bulu Mata Lebat, Panjang dan Lentik Idaman Semua Wanita (medan.tribunnews.com)

Geosiar.com, Medan – Bagi wanita, memiliki bulu mata yang lebat, tebal, panjang serta lentik adalah hal yang sangat luar biasa. Berbagai cara untuk mendapatkan bulu mata yang indah, salah satunya yang paling mudah ialah dengan menggunakan maskara. Pemakaian maskara dinilai dapat mengubah penampilan make up secara keseluruhan.

Tapi taukah anda, dampak dari riasan mata (salah satunya maskara) yang tidak dibersihkan dapat mengakibatkan kebutaan. Hal tersebut terjadi pada Theresa Lynch (50 tahun) dari Sydney, Australia.

Mata wanita itu nyaris buta akibat tidak membersihkan kelopak matanya di malam hari setelah memakai maskara.
Diceritakan, Lynch menemui dokter setelah mengalami iritasi pada matanya. Ia juga merasa tidak nyaman pada bagian dalam kelopak matanya, meskipun ia sudah memakai gel pelumas mata dan obat tetes mata. Ia jadi syok setelah dokter mengatakan bahwa banyak bintik mengeras, yang disebut sebagai pengapuran, dibawah kelopak matanya.

Bintik-bintik itu berisiko serius bagi pengelihatannya dan bisa menyebabkan kebutaan. Untuk membersihkan bintik-bintik yang berlangsung selama 90 menit itu, kelopak mata Lynch harus dibius lokal.
Setelah itu Lynch dan dr. Dana Robaei menyebarkan foto-foto mengerikan, yang memperlihatkan bahaya dari membiarkan maskara di kelopak mata sepanjang malam. Kata Lynch, efek dari maskara yang terbentuk, ia merasakan sensasi aneh seperti ada yang mengganjal di kelopak matanya.

Bintik-bintik itu tertanam begitu dalam sehingga partikel-partikelnya saling menumpuk. Bagian bawah kelopak mata terdapat banyak bintik yang mengeras. Akibatnya, ia merasa sangat tidak nyaman. Kelopak matanya tertelan dan membera

Semua itu terjadi karena ia membiarkan maskara di kelopak matanya begitu lama.
“Ketika dr. Robaei membalik kelopak mataku, ia bilang: ‘Ya, Tuhan, sepanjang karirku aku belum pernah melihat seperti ini’,” ujarnya.

Dr. Robaei melihat bagian putih di mata Lynch mengeras dan darah membeku. Jelas saja perkataan sang dokter membuat wanita itu kaget dan cemas hal itu menjadi kerusakan permanen di kelopak matanya.
“Aku punya kebiasaan buruk memakai make-up secara tebal dan tidak membersihkannya. Seharusnya aku tidak demikian,” kata Theresa Lynch, seperti dilansir dari MailOnline, Kamis (31/5/2018).

Sementara dr. Robaei yang mempublikasikan kasus Lynch, mengatakan ia tidak pernah melihat hal seperti itu sebelumnya,dan beresiko mata menjadi buta.

Menurutnya, kasus ini adalah sebuah cara penting untuk meningkatkan kepedulian akan bahaya tersembunyi dari produk kecantikan setiap hari. Sekedar tahu, dr. Dana Robaei adalah seorang konsultan ophtalmologis di Forest Eye Surgery. Ia mengatakan, menemukan banyak bintik gelap yang disebabkan suatu akumulasi dari fragmen-fragmen maskara yang menumpuk dibawah kedua kelopak mata.

Kasus yang dipublikasikan oleh American Academy of Opthamology, menyebutkan bintik-bintik pigmen yang gelap dari ‘pengerasan subkonjungtiva’ yang mengarah suatu bentuk konjungtivitis (radang mata merah).
Kasus ini akibat terus menerus memakai maskara selama bertahun-tahun. Fragmen dari maskara yang tidak tercuci mengendap dibawah kelopak mata selama bertahun-tahun.

“Setiap kali Lynch mengedip bintik ini mengores permukaan mata dan menghadapi risiko pengelihatannya. Jika goresan di permukaan mata terinfeksi, itu bisa berisko kebutaan tetapi bisa saja jarang,” kata dr. Dana Robaei
Ia menambahkan, hal itu pastinya melemahkan.

Lynch menderita goresan permanen pada kelopak matanya dan permukaan korneanya. Gejala ini seperti sesorang melemparkan segenggam pasir ke mata dan membuat iritasi mata. Tidak banyak wanita yang menjalani pembersihan maskara mereka secara serius. Jadi, anda harus cermat membersihkannya.

“Ini adalah sebuah kasus yang luar biasa, aku belum menemukan seperti ini sebelumnya. Tetapi ini adalah sebuah risiko yang tidak banyak orang pedulikannya,” tutup dr. Dana Robaei.

Lalu, bagaimana cara membersihkan maskara yang tepat?, simak penjelasan berikut ini.

  1. Bersihkan lapisan pertama make-up
    Caranya, tuangkan cairan khusus pembersih make-up pada kapas. Olesi kapas tersebut pada kelopak mata dan tekan bulu matanya hingga warnanya menghilang.
  2. Bersihkan residu dengan pembersih kedua
    Gunakan cairan pembersih kedua ke wajah dan bersihkan make-up, kemudian bersihkan dengan air. Gunakan handuk pembersih wajah yang diberi air hangat. Tekan handuk itu ke kulit untuk mengangkat sisa-sisa make-up. Setelah itu cuci seluruh wajah dengan air mengalir.

Ingat ladys, penting sekali bagi kita membersihkan make-up dengan benar setiap malam, dan jangan terlewatkan semalampun. (Ooz)

  • Bintik-Bintik Hitam muncul di Kelopak Mata Menjadi Mengeras

  • Bintik-Bintik Hitam Membuat Kelopak Mata Kaku