Connect with us

Nasional

Arus Mudik : Menhub “70 Persen Kecelakaan Menggunakan Motor “

Published

on

Ilustrasi Arus Mudik Roda Dua (metrotvnews.com)

Geosiar.com, Jakarta: Menjelang musim arus mudik, Budi Karya Sumadi, selaku Menteri Perhubungan, menghimbau kepada para pemudik untuk menggunakan transportasi massal.

Dari sumber data tahun lalu, selain menjadi sumber kemacetan, kendaraan pribadi juga memiliki angka kecelakaan terbesar.

ia mengatakan “Silahkan gunakan angkutan massal, kalau bisa jangan pakai motor karena motor itu bahaya. Tahun lalu dari statistik kita menunjukkan 70 persen kecelakaan itu karena menggunakan motor.”

Kendaraan pribadi, khususnya roda dua tidak didesain untuk jarak jauh. Maka dari itu banyak pemudik motor yang tidak mentaati peraturan lalu lintas sehingga membahayakan pengendara lain.

“Ngeri loh. Kadang-kadang naik motor sambil bawa barang, bawa anak,” tuturnya.

Menurut hemat penulis, daripada menggunakan motor, pemudik lebih baik menggunakan transportasi massal yang tersedia sedangkan motor bisa dikirim menggunakan jasa ekspedisi.

“Kami informasikan juga mudik gratis kapal laut dari Kemenhub masih banyak. Jadi motornya bisa ikut mudik, mudik motor masih ada sekitar 3.000 lagi,” jelasnya. (Ooz)