Connect with us

Politik

Hinca: “Negara Kuat Bila Polsek Kuat”. Pemerintah Diminta Konsentrasi Benahi Polsek

Published

on

Anggota Komisi III DPR RI DR Hinca IP Pandjaitan XIII SH MA ACCS saat silaturahmi di Polres Langkat diterima Kapolres Langkat AKBP Indriyanto SIK bersama jajarannya, Minggu, (3/6/2018). (foto: lambok manurung)

Medan, Geosiar.com – Presiden Republik Insonesia (RI) Joko Widodo diminta konsentrasi penuh membenahi sarana dan prasarana Polisi Sektor (Polsek) di seluruh Indonesia. Sebab, keberadaan Polsek khususnya di Sumatera Utara (Sumut) banyak ditemukan dengan kondisi memprihatinkan.

Hal tersebut disampaikan anggota Komisi III DPR RI DR Hinca IP Pandjaitan XIII DH MH ACCS saat melakukan kunjungan silaturahmi ke Polres Langkat, Minggu (3/6/2018). Kunjungan silaturahmi itu diterima Kapolres Langkat AKBP Dedy Indriyanto S.I.K MSi dan Wakapolres Kompol Hendrawan S.I.K MH, Kasat, Kapolsek dan jajarannya.

Diskusi santai itu banyak membicarakan tentang sarana prasarana Polri khususnya tingkat Polsek yang fasilitasnya sangat minim. Sehingga, kinerja Polisi untuk melayani masyarakat tidak masksimal.

Ternyata menurut Hinca
Pandjaitan, keluhan soal minimnya sarana prasarana di Polsek bukan hanya di jajaran Polres Langkat saja. Buktinya, dari kunjungan kerja yang dilakukan Hinca dibeberapa Polres daerah pemilihan III di Sumut, seluruh Polres mengeluhkan minimnya jumlah kantor Polsek bila dibandingkan dengan luas wilayah dan jumlah penduduk. Bahkan keberadaan kantor Polsek banyak yang rusak dan sempit tidak representatif. Parahnya, masih ada status kantor yang nyewa dan pinjam pakai.

Kondisi demikian, kata Hinca sangat berdampak buruk terhadap pelayanan kamtibmas. Untuk itu, Hinca mendorong pemerintah agar fokus pembenahan segala sarana dan prasarana di Kepolisian. “Pemerintah harus konsentrasi penuh fokus membenahi pelayanan di kepolisian. Negara kuat bila Polsek nya kuat,” ujar Hinca.

Untuk itu, Hinca Pandjaitan minta kepada seluruh Polres khususnya yang berada di Sumut III (Polres di 10 Kabupaten/Kota) supaya segera mengidentifikasi keberadaan kantor Polsek. “Polisi diminta buatkan buku putih. Problem apa yang dialami dan solusi yang akan dilakukan,” pinta Hinca. (lamru)