Connect with us

Teknologi

Trik Buka Youtube dengan Menghemat Kuota Internet

Published

on

Ilustrasi aplikasi youtube (jogja.tribunnews.com)

Geosiar.com, Teknologi – Youtube menjadi layanan video streaming yang paling digemari saat ini. Layanan buatan Google ini ‘membius’ para netizen dengan berbagai jenis video yang disediakan. Namun, menonton video streaming di Youtube bisa membuat kuota internet cepat habis.

Memang, sekarang ini menonton video di youtobe secara daring jadi kegiatan yang sangat mengasyikan bagi sebagian orang. Namun, jika sampai lupa diri terkadang hal ini dapat menyebabkan kuota internet jadi cepat habis. Kalau sudah begitu, apa harus kamu lakukan?

Tenang, ternyata ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa menonton video di youtobe namun tidak menguras kuota internet secara cepat. Apa sajakah itu?

1. Aktifkan Fitur Penghemat Kuota

Pada beberapa aplikasi jelajahan internet saat ini, hampir semuanya menyediakan fitur penghemat kuota internet yang bisa kamu manfaatkan. Menonton video lewat aplikasi ini dapat menghemat cukup banyak kuota.

2. Turunkan Kualitas Video

Jika menonton lewat video on demand atau Youtube, supaya lebih menghemat kuota, turunkan saja kualitas video yang kamu tonton hingga yang terendah. Namun sayangnya, semakin rendahnya kualitas yang kamu pilih, maka kualitas video yang kamu lihat semakin rendah pula.

3. YouTube Go

Sadar banyaknya masyarakat Indonesia yang gemar menonton video namun masih memiliki keterbatasan kuota, membuat YouTube meluncurkan aplikasi YouTube Go.

Keunggulannya, lewat aplikasi ini kamu bisa melihat preview video dalam bentuk slideshow, bisa mengunduhnya kemudian dapat ditonton nanti, serta dapat melihat dan memilih ukuran video yang akan diunduh. Tentu saja, fitur ini dapat menghemat banyak kuota yang kamu miliki.

4. Aktifkan Batas Penggunaan Data

Setiap smartphone pasti memiliki fitur ini didalamnya. Aktifkan fitur peringatan penggunaan data sehingga kamu akan diperingkatkan jika sudah menggunakan data melebih batas yang sudah ditentukan. Selain itu, aktifkan juga fitur pembatasan penggunaan data sehingga jika kuota yang dipakai melebih yang sudah ditentukan akan otomatis terhenti.

5. Simpan Video yang Sering Ditonton

Sering menonton video yang itu-itu saja? Simpanlah video tersebut ke dalam mode offline pada YouTube atau aplikasi video on demand lainnya.

Dengan begini kuota internet kamu pasti terselamatkan!