Connect with us

Nasional

Warga Dihebohkan Kabar Limbah Tinja Diolah Jadi Air Minum

Published

on

Ilustrasi Air Minum (infonawacita.com)

Geosiar.com, Jakarta – Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD PAL) Jaya tengah menjadi pembicaraan masyarakat. Perusahaan ini dikabarkan akan mengoperasikan alat bernama PAL-Andrich Tech System.

Perusahaan milik Pemprov DKI Jakarta itu mampu mengolah limbah tinja menjadi air minum. Kabar itu sontak menimbulkan kontroversi. Karena belum ada lembaga terkait yang menyatakan kalau air minum ini higienis dan layak diminum. Selain itu juga alat ini belum memiliki sertifikat.

Pihak PD PAL Jaya langusng meluruskan kejadian ini.

Dikrut PD PAL Jaya, Subekti menyatakan bahwa sistem pengolahan ini memiliki tujuan untuk memperbaiki kualitas olahan air limbah, jadi bukan diperuntukkan untuk diminum.

Sebelumnya, saat peresmian alat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) milik pihak PD PAL Jaya ini dikatakan mesin tersebut dapat mengolah limbah tinja menjadi air yang bisa untuk diminum. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.

“PD PAL Jaya kini punya teknologi Andrich yang bisa mengubah limbah tinja jadi air siap untuk diminum dalam waktu 30 menit. Teknologi kali ini jauh lebih efisien dibanding dengan sistem konvensional. Ini betul-betul lompatan dan belum pernah terjadi (sebelumnya),” ujar Sandi dalam sambutannya, dilansir liputan6, Selasa (29/5/2018).

Oleh sebab itu,  Subektu langsung mempertegas bahwa mereka olahan air limbah hasil buangan warga itu bukan untuk persediaan air minum. Terkait air minum itu bukan tupoksi mereka.

“PD PAL tugasnya mengolah air limbah menjadi layak buang ke lingkungan. Semakin jernih semakin bagus bagi lingkungan, ” Tutur Subekti.

Subekti juga mempertegas bahwa pengolahan air limbah atau air tinja ditujukan untuk menjadikan air bersih agar digunakan untuk keperluan warga misalnya mencuci mobiil, tidak untuk diminum.