Connect with us

Kesehatan

Kenali Tanda-tanda Kekurangan Vitamin D

Published

on

Ilustrasi Vitamin D (istockphoto.com)

Geosiar.com, Kesehatan – Setiap manusia memerlukan Vitamin D bagi tubuh. Manfaatnya untuk membangun tulang yang sehat dan kuat. Karena vitamin D bekerja untuk menyerap kalsium, berperan untuk pertumbuhan sel dengan tepat dan mengurangi peradangan.

Michael Holick, MD, penulis The Vitamin D Solution mengatakan bila seseorang kekurangan vitamin ini maka bisa ada peningkatan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes dua kali lipat. Seperti dilansir dari National Institutes of Health (NIH).

Oleh sebab itu vitamin D sangat penting bagi tubuh. Karenanya, kita harus tahu tanda-tanda orang yang kekurangan vitamin D agar anda dapat bertindak jika tanda-tanda ini ada dalam diri anda. Berikut tanda yang bisa diperhatikan dilansir dari Prevention, Selasa (29/5/2018).

1. Berkeringat lebih dari biasanya

Jika kamu berkeringat banyak sementara tingkat aktivitas kamu stabil dan lingkungan di sekitarmu tidak terlalu panas, mungkin kamu bisa mempertimbangkan konsultasi dengan dokter untuk memeriksa kadar vitamin D dalam tubuh kamu.

2. Terlihat lemah

Kekurangan vitamin D dapat membuat kamu merasa lelah, meskipun waktu tidur kamu cukup. Hasil studi dari University of Tulsa menemukan bahwa para atlet yang kekurangan vitamin D dalam darah tidak dapat mengangkat banyak berat badan, berlari cepat, melompat jauh atau tinggi.

Hal ini bisa jadi bukti bahwa mendapatkan cukup vitamin D penting untuk kekuatan vitamin D.

3. Depresi

Banyak hal yang dapat membuat kamu merasa sedih, tetapi semakin banyak penelitian yang menghubungkan antara depresi dengan kekurangan vitamin D.

Sebuah penelitian kajian Internasional menjelaskan bahwa vitamin D dapat bekerja di area otak yang sama dan akan berdampak pada hormon rasa-senang yang sama, seperti serotonin dan dopamine yang dapat memengaruhi suasana hati.

4. Nyeri sendi

“Sakit dan nyeri di tulang dikenal sebagai osteomalacia,” kata Holick. Mereka yang didiagnosis dengan radang sendi atau fibromyalgia mungkin dikarenakan kekurangan vitamin D. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan nyeri pada sendi dan otot.

Tulang berhenti tumbuh sekitar usia 30 tahun, dan kekurangan vitamin D dapat mempercepat atau memperburuk osteoporosis, suatu kondisi di mana tulang kamu menjadi rapuh dan lebih rentan terhadap fraktur.

Makanan yang diperkaya dengan vitamin D hampir memberantas rakitis, kondisi tulang yang lemah yang berasal dari kekurangan gizi.