Connect with us

Sumut

Gelar Pelatihan Public Speaking, ISKA Sumut Undang KMK Medan

Published

on

Para peserta pelatihan Public Speaking bersama Mr. Tin. Sabtu, (26/5/2018). (dok, redasi)

Geosiar.com, Medan – Sambutan hangat puluhan anak muda yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) kota Medan memenuhi salah satu ruangan kantor Ikatan Sarjana Katolik (IKSA) Sumatera Utara (Sumut) di Jalan Mataram No.21, Petisah Hulu, Medan Baru, pada Sabtu, (26/5/2018). Mereka terlihat antusias mengikuti Pelatihan Public Speaking yang diwadahi oleh ISKA Sumut.

Pelatihan Public Speaking  langsung dibawakan secara apik oleh motivator Ir.Martinus Tjendana, M.Psi, atau yang sering dipanggil Mr. Tin.

Untuk membangkitkan semangat, pada sesi pertama para peserta disuguhi Game Komunikasi, dimana peserta terpilih menirukan gambar yang telah disediakan tanpa menggunakan suara untuk kemudian ditebak oleh peserta lainnya.

“Apakah sulit menirukan gaya gambar tadi?” tanya Mr. Tin kepada salah satu peserta.

“Sulit Pak,” jawabnya.

Mr. Tin lalu mengatakan, dalam menyampaikan pesan kepada orang lain apalagi khalayak ramai tidaklah mudah. Butuh penguasaan materi, teknik, dan persiapan diri yang matang.

“Public Speaking tidaklah mudah, namun bila kita mengetahui strateginya tentu berbicara di depan umum menjadi hal yang menyenangkan,” jelas Mr. Tin.

Dalam acara ini, para peserta juga diajak untuk mengetahui manfaat dan keuntungan dari Public Speaking. Manfaat dan keuntungan Public Speaking, kata Mr. Tin, antara lain adalah timbulnya kepercayaan diri, prestasi meningkat, pergaulan yang semakin menyenangkan, kemampuan leadership yang  matang, serta hubungan bisnis semakin lancar.

Salah seorang peserta dari Ikatan Mahasiswa Katolik (IMKA) Pendidikan Teknologi Kimia Industri, Michael Manullang, menceritakan pengalamannya ketika melakukan presentasi di depan umum. Dia merasa gugup dan tidak percaya diri saat menyampaikan materinya.

“Sontak saya merasa down dan tidak percaya diri ketika saya melihat peserta lain mempresentasikan karyanya di depan umum. Saya berpikir, apakah saya bisa seperti dia dengan mantap berdiri dan berbicara di atas panggung. Ya, seketika saya menjadi gugup dan tidak percaya diri,” cerita Michael.

Menanggapi hal itu, Mr, Tin menyebut terapi Psychodrama sebagai salah satu teknik untuk membangkitkan kembali kepercayaan diri si peserta.

“Psychodrama adalah metode pembelajaran dengan bermain peran yang bertitik tolak dari permasalahan-permasalahan psikologis. Psychodrama biasanya digunakan untuk terapi, yaitu agar individu memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang dirinya, menemukan konsep diri, menyatakan reaksi terhadap tekanan-tekanan yang dialaminya,” kata Mr. Tin yang juga merupakan anggota ISKA Sumut itu.

“Jadi tidak ada salahnya juga kita berbicara kepada diri sendiri di depan cermin, untuk sekedar menyemangati diri,” tambahnya.

Lebih lanjut, Mr. Tin juga memaparkan tiga poin penting kesuksesan dalam melakukan Public Speaking. Tiga poin itu adalah, Materi, Teknik, dan Diri Sendiri.

“Kesuksesan Public Speaking sangat ditentukan oleh Materi, Teknik, dan Diri Sendiri. Materi sebaiknya kita persiapkan jauh sebelum hari H, kemudian dilanjutkan dengan hal-hal teknis, dan yang terakhir adalah kesiapan diri kita sendiri. Terkadang pembicara terlalu fokus pada materinya, sehingga lupa bahwa kesiapan diri sendirilah yang paling utama,” tutur dia.

Pada kesempatan itu hadir juga Ketua DPC ISKA Medan, Maruli Tua Tarigan. Dia juga turut menyampaikan salam dari Ketua DPD ISKA Sumut, Drs. Hendrik Halomoan Sitompul, MM yang kebetulan berhalangan hadir hari ini.

“Kebetulan Pak Hendrik Sitompul, selaku Ketua ISKA Sumut berhalangan hadir karena ada pekerjaan lain. Beliau titip salam kepada para peserta Public Speaking yang hadir pada hari ini. Kami dari pihak ISKA sangat mendukung pelatihan pengembangan diri seperti ini untuk adik-adik sekalian. Kami berharap, apa yang telah disampaikan oleh Mr. Tin sebaiknya benar-benar dilaksanakan, karena rencana tanpa pelaksanaan adalah nol dan teori tanpa praktik adalah sia-sia. Semangat dan teruslah berkarya!” pungkas Maruli Tarigan.

Para peserta yang hadir terdiri dari KMK USU, KMK UNIKA, KMK UNPRI, KBMK, KMK POLMED, IMKA PTKI, dan KMK HKBP Nommensen. (yl)

  • Beberapa peserta saat melakukan terapi Psychodrama.

  • Mr . Tin saat menyampaikan materi Public Speaking.

  • Salah satu peserta memberi pertanyaan seputar Public Speaking.

  • Salah satu peserta pelatihan saat memperagakan sebuah gambar kepada peserta lainnya.

  • Ketua DPC ISKA Kota Medan, Maruli Tua Tarigan saat menyampaikan kata sambutannya.